Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Jokowi Perintahkan Menterinya Kirim Bantuan untuk Rohingya di Myanmar

Jokowi Perintahkan Menterinya Kirim Bantuan untuk Rohingya di Myanmar

Written By mansyur soupyan sitompul on Kamis, 08 Desember 2016 | 11.24



Nusa Dua, dutabangsanews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi untuk menemui State Counselor Myanmar Aung San Suu Kyi terkait situasi terkini di Rakhine State. Wilayah itu dihuni oleh etnis Rohingya.

Jokowi juga telah meminta para menteri Kabinet Kerja untuk menyiapkan bantuan bagi etnis Rohingya di Rakhine State. Jokowi menyebut bantuan yang dibutuhkan saat ini yaitu makanan dan selimut.

"Saya juga telah memerintahkan para menteri untuk menyiapkan bantuan secepat-cepatnya untuk bisa dikirim ke Myanmar dalam bentuk makanan dan selimut. Karena ini yang dibutuhkan saat kita berkomunikasi dengan pihak mereka," kata Jokowi usai bertemu dengan Ketua Advisory Committee Kofi Annan di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Bali, Kamis (8/12/2016).

Selain bantuan logistik, Jokowi juga mengatakan pemerintah Indonesia tengah menyiapkan bantuan berupa infrastruktur untuk warga di Rakhine State.

"Itu memang yang dibutuhkan secepatnya, makanan dan selimut. Tapi tentu saja akan ada bantuan kedua yang bisa dibangun, sekolah misalnya," kata Jokowi.

Sementara itu, di tempat yang sama, Menlu Retno Marsudi mengatakan ada beberapa hal yang telah dia bahas dengan Aung San Suu Kyi. Salah satunya soal pemberian kapasitas di bidang good governance democracy. 

"Dan juga di bidang HAM. Ini program sudah kita lakukan, tapi akan diteruskan karena ini merupakan hal penting oleh pemerintah Myanmar," kata Retno.

"Kita juga akan bekerja sama tentang interfaith dialogue, karena menyangkut konfik horizontal antar masyarakat. Dan kita sepakat kerja sama di bidang interfaith dialogue tidak tertutup kemungkinan pelatihan terkait community. Karena kita punya pengalaman yang cukup bagus," jelas Retno. Red
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com