Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » » Menkes Ingin Kualitas Kesehatan Masyarakat Meningkat

Menkes Ingin Kualitas Kesehatan Masyarakat Meningkat

Written By mansyur soupyan sitompul on Kamis, 12 Januari 2017 | 12.00



Jakarta, dutabangsanews.com - Kementerian kesehatan (Kemenkes) bekerjasama dengan sejumlah kementerian mencanangkan gerakan nusantara sehat. Gerakan itu ditujukan untuk memperbaiki kualitas kesehatan masyarakat Indonesia di seluruh daerah. 

Menkes Nila Moeloek mengatakan gerakan ini merupakan wujud nyata dari penerapan nawacita Presiden RI Joko Widodo. Sejumlah tenaga medis muda yang telah mendaftar dikirim ke pelosok daerah untuk menularkan gerakan Indonesia sehat. 

"Memang betul kita telah membuat satu gerakan yang disebut gerakan masyarakat hidup sehat. Dikoordinasikan pada waktu itu oleh Bappenas dan itu adalah lintas kementerian dan lembaga terkait," kata Nila dalam Public Expose Nusantara Sehat di Usmar Ismail Hall, Jl Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (12/1/2017). 

"Di situ ada, inpres jadi kita tidak bisa berdiri sendiri harus saling terkait," sambungnya. 

Lewat gerakan itu Kemenkes melakukan koordinasi dengan Kemenkominfo, Kemendes dan Kementerian PUPR. Bentuk kerja sama yang dilakukan terkait hal-hal yang memperlancar kegiatan Nusantara Sehat. 

"(Kerjasama dengan Menkominfo) kita memerlukan jaringan internet. Kita perlu pendataan, dengan jaringan internet kan kita bisa melakukan pendataan. Menunjukkan kita perlu melakukan intervensi apa pada daerah tersebut," ungkap Nila. 

Menurut Nila ada ada sebanyak 9.742 puskesmas yang sudah tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Dengan gerakan nusantara sehat ini, dia mengharapkan mampu mengubah gaya hidup masyarakat terutama yang berada di pinggir menjadi lebih sehat.

"Ada nusantara sehat yang kita kirim ke daerah terpencil, dan bermasalah kesehatan. Mereka mempunyai hubungan dengan tokoh agama, tokoh ada, dan sebagainya. Untuk memperbaiki. Jadi kalau ada yang mau buang sampah sembarangan, begitu ada nusantara sehat tidak lagi (buang sampah sembarangan)," tutur Nila. Red
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com