Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Jakarta Banjir, BMKG: Pertemuan Angin dan Curah Hujan Lebih 50 mm

Jakarta Banjir, BMKG: Pertemuan Angin dan Curah Hujan Lebih 50 mm

Written By mansyur soupyan sitompul on Selasa, 21 Februari 2017 | 11.29



Jakarta, dutabangsanews.com - Sebagian kawasan Jakarta dan sekitarnya mengalami banjir. Banjir ini imbas curah hujan tinggi karena ada pertemuan angin. 

"Kejadian hujan lebat pada pagi ini disebabkan adanya area konvergensi atau pertemuan angin tepat di sekitar wilayah Jakarta khususnya bagian utara, sehingga pertumbuhan awan hujan menjadi sangat kuat yang ditandai dengan banyaknya awan Cumulonimbus," demikian analisa Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dr Yunus S Suwarinoto, MSi dalam keterangan tertulis, Selasa (21/2/2017).

Dari pantauan kondisi atmosfer global dan regional, lanjut Yunus, pengaruh gelombang tropis memicu munculnya area tekanan rendah serta monsoon Asia yang masih cukup kuat, sehingga secara tidak langsung mempengaruhi fenomena cuaca regional dan lokal seperti munculnya daerah konvergensi kuat di Pesisir Barat Sumatera hingga wilayah Jawa bagian Barat.

"Dari pantauan data satelit maupun radar sebaran hujan relatif cukup merata di sekitar Jabodetabek, munculnya aktivitas awan Cumulonimbus menyebabkan hujan lebat yang disertai kilat dan petir pada dini hari tadi. Sebaran awan hujan lebih dominan di wilayah utara dibanding wilayah selatan, hal tersebut sesuai dengan pengukuran curah hujan yaitu wilayah utara memiliki curah hujan lebih tinggi dibanding wilayah lainnya. Sehari sebelumnya kawasan Jabodetabek juga telah diguyur hujan yang cukup intens dari pagi hingga siang hari," tutur Yunus.

Sebagai catatan, hujan memiliki kisaran lebih dari 50 mm selama 24 jam, sehingga hampir sebagian besar wilayah Jabodetabek terjadi hujan sedang hingga lebat. Tercatat dari pos pengamatan BMKG untuk curah hujan 24 Jam hingga pukul 07.00 WIB dari wilayah yang curah hujannya tertinggi sebagai berikut: 

Kemayoran 180 mm
Kelapa Gading 145,4 mm
Tanjung Priok 115,9 mm
Pasar Minggu 106,5 mm
Tangerang 92,5 mm
Leuwiliang 89,7 mm
Depok 83 mm
Dramaga 75 mm
Jagorawi 72,5 mm
Cengkareng 72 mm
Lebak bulus 71,7 mm
Pondok Betung 67,4 mm
Beji 65 mm
Bekasi 65 mm
Mekarsari 60,8 mm
TMII 48,8 mm
Gunung Mas 39 mm
Curug 37,5 mm
Katulampa 35,8 mm
Parung 21,8 mm

Melihat dari potensi perkembangan awan hujan pagi ini, diperkirakan hujan ringan hingga sedang masih bertahan di wilayah Jabodetabek hingga siang/sore hari nanti. Sehingga masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati khususnya ketika beraktifitas di luar rumah mengingat sebagian besar wilayah Indonesia masih berada dalam puncak musim hujan sehingga peningkatan intensitas curah hujan masih akan terjadi. Red
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com