Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » » Wakil Ketua MPR: Pemerintah Perlu Bina dan Berdayakan Semua Ormas

Wakil Ketua MPR: Pemerintah Perlu Bina dan Berdayakan Semua Ormas

Written By mansyur soupyan sitompul on Jumat, 03 Februari 2017 | 10.37



Jakarta, dutabangsanews.com - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid menilai hadirnya organisasi masyarakat (ormas) memiliki arti penting bagi masyarakat. Menurut Hidayat, pemerintah perlu turun tangan untuk membina dan memberdayakan ormas-ormas tersebut.

"Hadirnya ormas dan hadirnya orpol (organisasi politik) adalah pengejawantahan demokrasi di ranah praktis. Tapi, juga harus tetap mengacu pada prinsip-prinsip demokrasi sesuai dengan landasan hukum," ujar Hidayat saat FGD terkait ormas di Kompleks Parlemen seperti dalam keterangan tertulis yang diterima dutabangsanews, Jumat (3/2/2017).

Ormas sebagai perwakilan masyarakat akan bersinergi dengan baik bersama pemerintah. Hal ini jika hadirnya ormas tidak menjadi target atau diintai oleh pemerintah.



"Oleh karena itu, pemerintah perlu memberdayakan dan membina semua ormas, termasuk juga ormas yang berbasis kedaerahan. Kalau yang lokal itu tidak diperhatikan, maka berpotensi untuk menjadi radikalisme, separatisme, dan sebagainya," tegas Hidayat. 

Turut hadir dalam FGD tersebut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Anggota Komisi III DPR RI Aboe Bakar Alhabsyi, Koordinator Staf Ahli Kapolri Irza Fadli, Wakil Ketua Lembaga Falakiyyah PBNU Mohammad Shohibul Faroji, dan Ketua Umum DPP Persatuan Umat Islam (PUI) Nurhasan Zaidi, dan beberapa ormas sebagai peserta aktif.

Hukum di Indonesia, dikatakan Hidayat, bukanlah hukum yang abu-abu atau pasal karet. Relatif hukum yang ada semuanya terukur. Sebagai negara hukum yang menganut prinsip demokrasi, hadirnya Ormas perlu dikawal agar peran sinergitasnya berjalan dengan baik.

"Ketika pemerintah menegakkan hukum terkait dengan pembinaan ormas, termasuk juga mengevaluasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan, rasanya tidak akan ada konflik antara ormas dan pemerintah," jelasnya.

Dalam era demokrasi sekarang ini, Hidayat melihat peran ormas tak kalah penting dengan peran orpol. Ormas terkadang menjadi bagian dari rujukan masyarakat dalam menentukan pilihan politik.

"Bahkan saat pilkada, masyarakat lebih memilih ormas daripada orpol atas rekomendasi yang diajukan," sebutnya. Red
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com