Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Bangsa Mengucapkan Selamat Mununaikan Ibdah Puasa 1440 H - 2019 M <<<::::::
Home » , » Pengabdian Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumut Kepada Masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumut

Pengabdian Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumut Kepada Masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumut

Written By mansyur soupyan sitompul on Senin, 24 April 2017 | 20.43

Teluk Pinang Labuhanbatu Selatan-KARANGTaruna merupakan wadah pengembangan generasi muda non partisan,tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari,oleh dan untuk masyarakat, khususnya generasi muda di wilayah desa, kelurahan atau komunitas sederajat,terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial.Sebagai sebuah organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan generasi muda dalam upaya mengembangkan kegiatan Pelayanan Kesejahteraan Sosial dan usaha ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan,baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada dan tersedia.

Karang Taruna didirikan bertujuan untuk terwujudnya pertumbuhan dan pengembangan kesadaran dan tanggung jawab sosial generasi muda dalam hal untuk mencegah,menangkal dan menanggulangi berbagai masalah sosial.Disamping untuk menumbuhkan potensi kemampuan generasi muda dalam rangka mengembangkan dan memberdayakan potensi masyarakat sekitar dimana dengan terjalinnya kerjasama ini akan meningkatkan taraf kesejahteraan sosial bagi masyarakat banyak.

Setiap Karang Taruna mempunyai tugas pokok secara bersama sama dengan pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejaheraan sosial terutama yang menghinggapi generasi muda,baik itu bersifat preventif,  rehabilitatif maupun pengembangan potensi generasi muda dilingkungannya.

Demikian sedang dilakukan kelompok Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumut,membina dan mengembangkan potensi kaum generasi muda melalui pelatihan keterampilan bagi masyarakat sekitar.Salah satu contoh pembinaan dan pelatihan yang dilakukan oleh Ketua dan pengurus Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu Selatan, misalnya latihan perbengkelan dan mesin,khususnya untuk kendaraan bermotor, juga pelatihan untuk jahit menjahit yang mana dalam hal ini bekerjasama dengan Kantor Dinas Sosial Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu Selatan Faisal NRE Nasution mengatakan, bahwa pelaksanaan pelatihan dilakukan ini dimaksudkan adalah bagian dari pembinaan generasi muda  bekerjasama dengan pemerintah untuk menggali potensi ada dimasyarakat, sebagai upaya menanggulangi beban pengangguran.

Dengan adanya pelatihan tekhnik mesin dan jahit menjahit ini juga agar supaya para generasi muda, bisa lebih terampil dan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri seperti membuka usaha bengkel motor,atau usaha menjahit, modiste.Khusus untuk modiste atau jahit menjahit terlihat antusias peserta,terbukti dengan banyaknya yang mengikuti pelatihan ini.

Bahkan sepengetahuan penulis,soal jahit menjahit, modiste sudah semakin berkurang dimasyarakat,ini terlihat juga semakin sedikitnya yang membuka usaha jahit menjahit,baik itu usaha menjahit pakaian pria maupun wanita. Ini disebabkan kurangnya pembinaan dan tidak adanya wadah untuk pelatihan bagi generasi muda yang berminat dibidang ini, padahal potensi berkembangnya usaha modiste, taylor ini sangat besar sekali seiring perkembangan serta semakin bertambahnya jumlah penduduk kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Kegiatan pelatihan ketrampilan yang dilaksanakan Ketua Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu Selatan ini, diharapkan dapat berkelanjutan untuk membina dan menggali potensi masyarakat,sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Karang Taruna dan tentunya dengan kerjasama yang baik antara Pemerintah,masyarakat dan kader Karung Taruna diharapkan dapat semakin mengurangi beban sosial masyarakat yang sangat tinggi.

Juga dampak positif bagi genersai muda terutama,hal ini dimaksudkan juga untuk menghadang laju pertumbuhan narkoba yang semakin menakutkan.


“Jadi,dengan diadakannya pembinaan dan pelatihan ini diharapkan generasi muda kita bisa terhindar dari pengunaan narkoba yang merusak, yang mana penyebaran narkoba saat ini bahkan sudah sampai kepelosok pelosok daerah terpancil sekalipun,“ demikian kata Ketua Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu Selatan Faisal NRE Nasution bertempat di Sekretariat Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu Selatan Jalan Lintas Sumatera Teluk Pinang Labuhanbatu Selatan. SHN.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com