Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Bangsa Mengucapkan Selamat Mununaikan Ibdah Puasa 1440 H - 2019 M <<<::::::
Home » , » Menhub: Kami Mau Masyarakat Menggunakan LRT sebagai Gaya Hidup

Menhub: Kami Mau Masyarakat Menggunakan LRT sebagai Gaya Hidup

Written By mansyur soupyan sitompul on Jumat, 25 Agustus 2017 | 20.26


Palembang, Dutabangsanew.com - Proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) Palembang telah mencapai 55 persen dan akan rampung pada akhir tahun 2017. Menteri Pehubungan Budi Karya Sumadi ingin masyarakat Sumsel bangga menggunakan LRT.

Perubahan life style (gaya hidup) atau kultur masyarakat dari kebiasaan menggunakan transportasi pribadi saat bepergian dan beralih pada penggunaan LRT dinilai akan lebih elegan dan efektif untuk mengurai kemacetan yang terjadi di Kota Palembang sehingga LRT dapat berfungsi sesuai kebutuhan masyarakat sebagai sarana transportasi yang aman, nyaman dan modern.



"Mulai hari ini, kami akan sosialisasikan pada masyarakat Sumatera Selatan khususnya Kota Palembang bahwa ada suatu perubahan life style dari transportasi pribadi ke LRT. Jadi kita mau masyatakat ini menggunakan transportasi LRT sebagai gaya hidup mereka. Mereka bangga saat menggunakannya," ujar Budi Karya di Palembang, Sabtu (26/8/2017).

Menurut dia, jika masyarakat kota Palembang menggunakan LRT saat bepergian maka ini akan sangat efektif dalam mengatasi kemacetan di titik-titik keramaian yang dilewati oleh jalur LRT sehingga ke depan LRT tidak dipandang hanya sebagai transportasi pada pelaksanaan Asian Games 2018 semata.

"Kalau mayoritas masyarakat menggunakan LRT, kemacetan pasti akan semakin berkurang sehingga harus ada life style baru sebagai kebanggaan karena ini proyek pertama yang rampung di Indonesia. Jadi proyek ini bukan hanya untuk Asian Games saja dan setelah itu tidak digunakan lagi, bukan seperti itu," papar Menhub.

Bahkan, untuk memastikan proyek LRT sepanjang 23,40 Kilometer yang membentang dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sampai kawasan Ogan Permata Indah rampung sesuai target, Menhub meminta PT Waskita bisa mengerjakan pembangunan fasilitas lebih awal sehingga dengan demikian masyarakat bisa melihat pembangunan konstruksi yang ditargetkan beroperasi pada Juni 2018 mendatang.

Selain itu, Kementerian Pehubungan telah mendapat arahan langsung dari Presiden Joko Widodo untuk memantau dan memberikan proyek-proyek pembangunan secara menyeluruh di seluruh pelosok negeri. Hal ini sebagai bentuk konsisten pada pemerataan pembangunan infrastruktur dalam mensejahterakan masyarakat secara merata.

"Sudah ada arahan Bapak Presiden untuk melakukan pembangunan secara merata di seluruh pelosok negeri. Jadi pembangunan ini bukan hanya di Palembang saja, tapi di semua daerah kami bangun dan sekarang saya cek pembangunan LRT di Palembang sudah sampai mana dan apakah ada kendala atau tidak," kata Menhub memastikan proyek LRT Palembang berjalan lancar.

Di sisi lain, Pengamat Komunikasi Politik Effendi Ghazali menilai jika pembangunan LRT Palembang rampung sesuai target maka akan menjadi catatan nasional tersendiri dan sebagai ciri daerah maju dengan adanya sosialisasi dan konsultasi publik.

"Saya menilai jika ini (Pembangunan LRT) rampung sesuai target awal, maka dapat dipastikan akan menjadi catatan tersendiri dalam pembangunan nasional dan saya melihat memang sebagai ciri-ciri daerah maju itu harus ada sosialisasi dan konsultasi publik untuk menerima masukan terhadap suatu kebijakan," ujarnya saat mendampingi Menhub.

Namun demikian, dirinya mengkhawatirkan jika tidak dilakukan perubahan gaya hidup modern dalam penggunakan transportasi massal maka keberadaan LRT hanya bertahan beberapa bulan saja sehingga pemerintah dalam hal ini juga harus memberikan kebijakan-kebijakan yang mengacu minat masyarakat dalam menggunakan LRT.

"Khawatirnya nanti satu dua bulan itu pasti masyarakat akan happy, tapi kami tidak tahu ke depannya seperti apa. Inilah yang harus diperhatikan pemerintah dalam memberikan kebijakan agar minat masyarakat itu tinggi untuk menggunakan LRT dan harus ada kebanggan tersendiri," ujar dia. Red
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com