Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Bangsa Mengucapkan Selamat Mununaikan Ibdah Puasa 1440 H - 2019 M <<<::::::
Home » , » Ini Rekomendasi MUI Terkait Penghayat Kepercayaan di Kolom KTP

Ini Rekomendasi MUI Terkait Penghayat Kepercayaan di Kolom KTP

Written By mansyur soupyan sitompul on Rabu, 29 November 2017 | 19.27

Jakarta, Dutabangsanews.com - Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan para penghayat kepercayaan dan bisa masuk kolom agama di KTP. Atas putusan itu, MUI memberikan sejumlah rekomendasi atau usulan ke pemerintah selaku pelaksana teknis putusan tersebut.

Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid Sa'adi, dalam siaran persnya kepada dutabangsanews, Kamis (30/11/2017), menjelaskan, putusan tersebut sudah sangat final dan mengikat. Dia berharap putusan itu dapat dilaksanakan dengan baik dalam implementasinya.

Berikut usulan MUI untuk langkah-langkah solusi:

Terhadap warga negara yang membutuhkan pelayanan terkait putusan MK tentang identitas pribadinya agar dicantumkan pada kartu keluarga (KK) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) seperti penganut penghayat kepercayaan, pemerintah wajib melayani dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Pemerintah dapat melakukan pencantuman identitas penghayat kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa pada Kartu Keluarga.(KK)

2. Pemerintah dapat mencetak Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang hanya mencantumkan kolom aliran kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan jumlah kebutuhan warga penghayat kepercayaan.

3. Adapun urusan yang terkait dengan hak-hak sipil sebagai warga negara, warga penghayat kepercayaan tetap berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana yang selama ini telah berjalan dengan baik. Red
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com