Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » KY Diminta Lebih Responsif Sikapi Banyak Hakim Kena OTT KPK

KY Diminta Lebih Responsif Sikapi Banyak Hakim Kena OTT KPK

Written By mansyur soupyan sitompul on Rabu, 15 November 2017 | 12.48


Jakarta, Dutabangsanews.com - Sejumlah hakim terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK dalam beberapa waktu belakangan ini. Mereka terkena OTT karena menerima uang untuk mempengaruhi putusan yang sedang ditanganinya.

Menanggapi hal tersebut, mantan komisioner Komisi Yudisial (KY), Taufiqurrahman Syahuri, meminta KY lebih agresif. Menurutnya, KY bisa masuk ke ranah etika untuk memproses para hakim yang terjaring OTT. 

"Masalah hakim-hakim ditangkap, sebenarnya KY bisa masuk. Sebenarnya KY ini bukan ranah hukum tapi etika. Jadi, begitu OTT KPK harusnya KY masuk dalam etika," ujar Taufiq saat diwawancara Dutabangsanews, Rabu (15/11/2017).



Taufiq mengatakan, jika menunggu proses pidana maka hal itu sangat lama. Dia menyarankan, sebaiknya hakim yang kena OTT langsung diproses secara etika.

"Misalnya dia komunikasi dengan pihak berperkara itu sudah pelanggaran. Bisa saja secara etik terbukti tapi secara pidana terbukti. Dulu kan ada kasus hakim, tapi kita MKH dulu, kalau nunggu inkrah kan lama," ujarnya.

Menurut Taufiq sebaiknya KY segera melakukan komunikasi dengan Mahkamah Agung (MA) terkait penindakan etika para hakim yang terjaring koruptor.

"Karena kalau MA kan mau penindakan hukum dulu baru etika, nah itu terbalik," ucapnya. Red
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com