Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Bangsa Mengucapkan Selamat Mununaikan Ibdah Puasa 1440 H - 2019 M <<<::::::
Home » , » Bendungan Lolak Kebanggaan Masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow

Bendungan Lolak Kebanggaan Masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow

Written By mansyur soupyan sitompul on Selasa, 05 Desember 2017 | 05.20

Sulawesi Utara-www.dutabangsanews.com. SALAH satu program Nawacita Presiden Jokowi ialah untuk memperkuat Indonesia dari pinggiran kota dan desa, infrastruktur termasuk jalan, jembatan, waduk yang tujuan utamanya untuk memakmurkan rakyat Indonesia. Di Sulawesi Utara yang menjadi proyek prioritas : 1) Jalan Tol Manado – Bitung ; 2) Waduk Lolak ; 3) Waduk Kuwil.

Pemerintah pusat melalui Kemeterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), membangun waduk didesa Pindol Kecamatan Lolak dengan anggaran sebesar Rp. 850 milliar dan telah disetujui anggaran pembangunan waduk ini lewat APBN murni dengan sistim Multi Years 4 tahun.SK. Multi Years sudah diterbitkan oleh Kementerian Keuangan. Desain bendungan yang diusulkan konsultan telah disetujui oleh para pakar bangunan. Waduk yang membendung sungai Lolak mampu menampung air sebanyak 16 juta kubik air dengan ketinggian menara setinggi 50 meter.

Bendungan Lolak ini merupakan proyek prioritas dan diharapkan dapat selesai tahun 2019. Pada waktu hari Bakti PU tanggal 03 Desember 2016. Ketika diwawancarai wartawan Kepala Balai Sungai Ir. Jidon Watania mengatakan Progres Fisik bangunan Lolak sudah mencapai 30%. Upaya pencapaian sasaran pekerjaan dengan mengoptimalkan sarana/alat yang tersedia dilapangan. Inspeksi yang melibatkan PPK, Kontraktor, Konsultan sehingga pelaksanaan bisa efektif.

Menemui Ir. Wahyu Prakoso selaku PPK bendungan Lolak progres fisik pekerjaan sudah mencapai 39 – 40%. Proyek bendungan memakan waktu lama disamping faktor cuaca juga proses Krotting  yaitu memasukan/menyuntik semen ke dasar bendungan sambil menunggu berapa jam sampai semen kering kemudian di masukan lagi. Sehingga jika dilihat pekerjaannya tidak maksimal karena terfokus pada pekerjaan krotting dan nantinya kalau proses krotting ini sudah selesai baru akan kelihatan kegiatan keseluruhan pembangunan waduk untuk pencapaian selesai tahun 2019.

Demikian Ir. Agus selaku pengawas dari Dinas PU.
Menurut pelaksana Proyek (Kontraktor) Ir. Arif Sambodo di dampingi Ir. Arif Suseno yang sudah berpengalaman mengerjakan Waduk yang ada di Jawa dan Kalimantan mengatakan Bendungan ini dikerjakan sesuai disain dan telah disetujui oleh para pakar bendungan, keselamatan kerja diutamakan dan pekerja diharuskan memakai helm pengamanan dan Sepatu. Ada 3 hal yang dilarang : mabuk, mencuri dan berkelahi. Ini gunanya untuk menciptakan suasana aman di proyek.

Fasilitas perusahaan antar jemput kariyawan yang tinggal di Lolak, musholah, siap medik (Klinik), bendungan ini sangat bermanfaat (multi fungsi) :
-      Penanggulangan banjir
-      Pembangkit tenaga listrik
-      Irigasi untuk mengairi sawah
-      Objek Wisata
-      Air baku

Dengan adanya bendungan di desanya kehidupan masyarakat Pindol dan sekitarnya sudah meningkat demikian kata Sangadi (Kepala Desa) karena sudah dipekerjakan pada proyek tersebut. Harapan masyarakat desa Pindol dan sekitarnya umumnya masyarakat Kab. Bolaang Mongondow dengan adanya bendungan ini kalau sudah selesai, kalau tadinya panen padi mereka setahun satu kali panen bisa tiga kali panen dalam setahun. Mandagi Pongoh
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com