Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Bamsoet Tegaskan UU MD3 Tetap Berlaku Meski Tak Diteken Jokowi

Bamsoet Tegaskan UU MD3 Tetap Berlaku Meski Tak Diteken Jokowi

Written By mansyur soupyan sitompul on Kamis, 22 Februari 2018 | 15.28

Jakarta,Dutabangsanews.com - Ketua DPR Bambang Soesatyo menanggapi respons Presiden Joko Widodo yang belum mau meneken UU MD3. Ia menyebut UU MD3 akan otomatis berlaku, sekalipun Jokowi tak mau menandatangani.

Aturan itu tertuang dalam Pasal 73 UU No 12/2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan. Hal itu juga diatur dalam UUD 1945.

"Kita menghargai keputusan apapun yang akan diambil oleh Presiden. Tapi yang pasti, UU kita mengatur manakala Presiden tidak tanda tangan, maka dalam waktu 30 hari UU itu berlaku dan mengikat," kata Bamsoet di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Bamsoet pun setuju dengan keputusan Presiden yang enggan mengeluarkan Perppu atas UU tersebut. Menurutnya, hal itu memang tak diperlukan.

Keresahan masyarakat soal sejumlah pasal yang membuat DPR menjadi imun dan antikritik itu, kata Bamsoet, hanya perasaan saja.

"Saya sepakat dengan Presiden bahwa ini tidak perlu untuk dikeluarkan Perppu. Presiden sudah mengatakan belum berpikir atau tidak berpikir untuk keluarkan Perppu. Saya pikir pemikiran Presiden sama dengan kami di DPR. Karena tidak ada kegentingan yang memaksa, kecuali hanya perasaan saja," jelasnya.

Sebelumnya disebutkan, Presiden Joko Widodo belum menandatangani Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) yang disahkan DPR. Jokowi mengatakan dirinya masih menimbang karena mendengar banyak keresahan di masyarakat terkait UU tersebut.

"Ya saya memahami keresahan-keresahan yang ada di masyarakat. Banyak yang mengatakan, ini hukum dan etika kok dicampur aduk. Ada yang mengatakan politik sama hukum kok ada campur aduk. Ya itu pendapat-pendapat yang saya baca, yang saya dengar di masyarakat," kata Jokowi saat ditemui di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu (21/2).Red
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com