Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Bangsa <<<::::::
Home » , » Musrenbang RKPD Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumut Tahun 2019

Musrenbang RKPD Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumut Tahun 2019

Written By mansyur soupyan sitompul on Rabu, 28 Maret 2018 | 10.19


Kota Pinang-www.dutabangsanews.comI BUPATI Labuhanbatu Selatan, H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM membuka secara resmi Musrenbang RKPD Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun 2019, Selasa (27/3) di Convention hall Grand Suma Hotel. Hadir pada acara tersebut Kadis PMD Provsu Ir. H. Aspan Sopian, MM, Sekretaris Bappedasu DR. Ir. Munir Tanjung, MM, Unsur Muspida, Wakil Ketua beserta Anggota DPRD, Pimpinan OPD, Pimpinan Perusahaan, Ormas/OKP dan perwakilan masyarakat Labuhanbatu Selatan.
Bupati Labuhanbatu Selatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM dalam pidatonya mengatakan Musrenbang TA 2019 telah berbasis e-perencanaan mulai dari desa, kecamatan sampai musrenbang kabupaten.
Pada kesempatan itu H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM menghimbau para stakeholder yang ada di Labuhanbatu Selatan agar berperan aktif dalam proses pembangunan melalui penyaluran dana CSR. “Insya Allah dalam tahun 2018 ini kita akan memiliki perda tentang CSR, sehingga pengelolaan dana CSR akan menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat Labuhanbatu Selatan”, ujar H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.
H. Wildan Aswan Tanjung berharap APBD Labuhanbatu Selatan bukanlah satu-satunya sumber pendanaan pembangunan di Labuhanbatu Selatan. “Pimpinan OPD harus aktif melakukan sinkronisasi program baik ke pemprovsu maupun pemerintah pusat. Dengan program yang akuntabel agar anggaran APBN dan APBD Provsu dapat mendukung program pembangunan di kabupaten Labuhanbatu Selatan”, kata H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM.
Sementara itu, Gubsu dalam pidatonya yang dibacakan Kadis PMD Ir. H. Aspan Sopian, MM menjelaskan forum musrenbang memiliki makna yang sangat penting dan strategis dimana seluruh pemangku kepentingan dapat melakukan penajaman, penyelarasan dan klarifikasi terhadap usulan rencana pembangunan sehingga tercapai kesepakatan terhadap RKPD tahun 2019 yang telah disusun pemkab Labuhanbatu Selatan.
Gubsu menjelaskan Pemprovsu telah menyusun Rancangan awal RKPD dengan 5 prioritas pembangunan antara lain pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui peningkatan pembangunan infrastruktur, penguatan konektivitas dan kemaritiman. pertumbuhan ekonomi inklusif berkelanjutan melalui pengembangan pertanian, industri, pengolahan, pariwisata, jasa dan perdagangan. Peningkatan pembangunan SDM dan pengurangan kemiskinan melalui pemenuhan pelayanan dasar masyarakat.
Selanjutnya peningkatan ketahanan pangan, energi dan sda serta mitigasi bencana, dan peningkatan reformasi birokrasi, tatakelola pemerintahan, penegakan hukum dan pencegahan korupsi.
Diakhir sambutannya, Gubsu meminta pemerintah kabupaten/kota dapat mempedomani dan menselaraskan program/kegiatan pembangunan Kabupaten/Kota dengan pembangunan nasional dan provinsi sumatera utara.
Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Selatan Chairul Harahap dalam pidatonya berharap pembangunan benar-benar diprioritaskan pada peningkatan kemakmuran rakyat.
“DPRD Labuhanbatu Selatan siap membahas secara bersama untuk mencapai tujuan tersebut”, kata Chairul Harahap.
Musrenbang RKPD kabupaten Labuhanbatu Selatan TA 2019 dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 27 s/d29 maret 2018 dengan peserta sebanyak sekitar 300 orang yang terdiri dari unsur pemprovsu, DPRD Labusel dan pemangku kepentingan lainnya.
Musrenbang RKPD merupakan forum musyawarah antara pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati rancangan RKPD, dengan tujuan meliputi prioritas pembangunan daerah, alokasi anggaran indikatif berdasarkan program dan fungsi OPD serta usulan kegiatan yang pendanaannya berasal dari APBD Provinsi, APBN dan sumber pendanaan lainnya.
Adapun keluaran dari Musrenbang RKPD adalah sinkronisasi program dan kegiatan prioritas pembangunan pemkab Labuhanbatu Selatan dengan arah kebijakan prioritas dan sasaran pembangunan Provinsi dan Nasional, serta mempertajam indikator dan target kinerja program dan kegiatan pembangunan, menyepakati prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan.SHN.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com