Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Bamsoet Minta 2 Komisi DPR Sosialisasikan Fatwa MUI Soal Vaksin MR

Bamsoet Minta 2 Komisi DPR Sosialisasikan Fatwa MUI Soal Vaksin MR

Written By mansyur soupyan sitompul on Selasa, 21 Agustus 2018 | 12.26

Jakarta.www.dutabangsanews.com I Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) merespons putusan komisi fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) soal haramnya vaksin MR (Measles Rubella). Ada tiga poin yang dijelaskan Bamsoet sebagai bentuk responsnya. 

Bamsoet mendorong Komisi VIII dan Komisi IX DPR agar meminta Kemenag dan Kemenkes menyosialisasikan putusan MUI dalam pemberian vaksin MR tersebut kepada masyarakat. Dalam putusan MUI dijelaskan bahwa pemberian vaksin MR diperbolehkan (mubah) dalam kondisi darurat. 



"Salah satu isi Fatwa tersebut disebutkan bahwa pemberian vaksin MR diperbolehkan (mubah) dalam kondisi tertentu atau dalam kondisi keterpaksaan (darurat syar'iyyah) dan kebolehan penggunaan vaksin MR sebagaimana dimaksud tidak berlaku apabila ditemukan adanya vaksin MR yang halal dan suci," ujar Bamsoet dalam keterangan tertulis, Selasa (21/8/2018). 

Bamsoet juga meminta kepada Komisi IX DPR, peneliti dan pelaku usaha untk segera melakukan kajian mendalam terhadap vaksin MR. Selain itu, mereka juga diminta untuk segera mencari alternatif temuan vaksin dengan kandungan halal. 


"Melalui World Health Organization (WHO) dan negara-negara berpenduduk muslim agar memperhatikan kepentingan umat Islam dalam hal kebutuhan akan obat-obatan dan vaksin yang halal dan suci, mengingat pemberian imunisasi MR bermanfaat dalam memberikan kekebalan bagi masyarakat terhadap ancaman penularan penyakit campak dan rubella yang dapat menyebabkan kecacatan dan kematian. Mengimbau masyarakat untuk tetap tenang serta mengikuti imbauan/informasi lebih lanjut dari pemerintah mengenai pemberian vaksin MR," jelasnya. TIM
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com