Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Bangsa Mengucapkan Selamat Mununaikan Ibdah Puasa 1440 H - 2019 M <<<::::::
Home » , » Kebakaran Hutan Alasan Masyarakat Eropa Dan Amerika Hingga Harga Kelapa Sawit Anjlok Di Indonesia

Kebakaran Hutan Alasan Masyarakat Eropa Dan Amerika Hingga Harga Kelapa Sawit Anjlok Di Indonesia

Written By mansyur soupyan sitompul on Selasa, 16 Oktober 2018 | 02.59



Senayan Jakarta-INDONESIA dikenal sebagai salah satu negara penghasil CPO, karena banyak di negari ini petaninya dikenal relative banyak menanam kelapa sawit, lihat saja hamparan hijau di berbagai kabupaten di Sumut, Riau, Jambi, Sumsel, bahkan Kalimantan hingga Sulawesi. Bisa dikatakan, bahwa Indonesia dengan Malaysia bersaing dalam halpenghasil CPO di dunia. Tetapi, dalam hal harga kelapa sawit sangat pluktuatif, tidak jarang kalau harha kelapa sawit hanya ditataran harga Rp 500, hal tentu sangat ironis. Wartawan Tabloid DUTA BANGSA dan Media Online www.dutabangsanews.com mewawancarai Dr. Ir. Kasan, Kepala Badan Pengkajian Dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan RI.

Menurut beliau antara Indonesia dengan Malaysia bias dikatakan negara penanam kelapa sawit, kalau melihat struktur ekspor sekarang CPO yang primer milik kita saat ini relatif lebih sedikit, yang lebih banyak adalah turunannya. Nah, kita ketahui bersama bahwa kita dengan Malaysia dan Malaysia sepertinya lebih gencar ke MTA dan sebagianya, bahkan turunan dia saat ini lebih banyak. Di sisi lain Malaysia bisa lebih efisien dari pada kita.

“Harus kita ketahui bahwa Malaysia lebih besar tanaman kelapa sawitnya dari pada kita, hal itu bisa membuat harga sawit mereka bisa lebih kompetitif, kalau dari sisi pasar ekspornya hampir sama apakah itu di Eropa, Amerika, China, India. Bahkan India menerapkan tarif besar dan berlaku ke semua negara,”demikian kata Dr. Ir. Kasan Kepala Badan Pengkajian Dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan RI khusus kepada Wartawan Tabloid DUTA BANGSA dan Media Online www.dutabangsanews.com usai Seminar Fraksi PPP Bertempat di KK II Gedung DPR RI Jalan Jenderal Gatot Subroto Senayan Jakarta.

“Kalau menurut Anda apa ke-unggulan CPO yang dimiliki Malaysia,”tanya Wartawan Tabloid DUTA BANGSA dan Media Online www.dutabangsanews.com.

“Salah satunya adalah dari sisi produktifitas, Malaysia produktifitas kelapa sawitnya lumayan lebih banyak, kalau kita di Indonesia kita merasa kasihan, karena. Banyak petani sawit kita di mana bibit sawitnya tidak baik, tentu hal ini mempengaruhi produktifitas, karena bukan berasal dari bibit unggul, jadi sisi domestik bagi kita yang banyak PR-nya,”ujar kata Dr. Ir. Kasan.

“Apakah kebakaran hutan yang sering terjadi di Indonesia menjadi sebuah alasan bagi pihakluar dalam hal ini Eropa dan Amerika membuat harga kelapa sawit kita pluktuatif,”tanya wartawan media ini.

“Oh ia, mereka si konsumen ini seperti Eropa, Amerika membidiknya adalah isu kebakaran hutan, pengalihan lahan dari hutan menjadi kebun kelapa sawit, isu ini yang sering mereka gembar-gemborkan. Jadi, kalau ada indikasi kebakaran hutan di Indonesia pasti dihubungkan akan dibukanya lahan kebun sawit, untuk itu kebakaran hutan harus segera dihentikan dan kita harus menjaga agar hutan tidak lagi dibakar,”tutur Dr. Ir. Kasan. Kepala Badan Pengkajian Dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan RI.
Mansur Soupyan Sitompul.   

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com