Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » » Menteri Prancis Mundur Usai Dituduh Pakai Uang Negara Untuk Jamuan Mewah

Menteri Prancis Mundur Usai Dituduh Pakai Uang Negara Untuk Jamuan Mewah

Written By mansyur soupyan sitompul on Rabu, 17 Juli 2019 | 11.59


Paris - 
Seorang menteri senior Prancis dan sekutu dekat Presiden Emmanuel Macron mengundurkan diri dari jabatannya setelah muncul laporan yang menuding dirinya menggunakan uang negara untuk mengadakan jamuan makan malam mewah.

Francois de Rugy yang diangkat menjadi Menteri Lingkungan Hidup pada September 2018 itu, mengumumkan pengunduran dirinya pada Selasa (16/7) waktu setempat, atau sepekan setelah munculnya laporan yang dimuat situs sayap kiri Mediapart tersebut.

"Serangan dan hukuman mati tanpa pengadilan di media yang menargetkan keluarga saya memaksa saya untuk mengambil langkah mundur yang diperlukan," cetus de Rugy yang juga menjabat sebagai menteri negara yang membuatnya menjadi orang nomor dua di pemerintahan setelah Perdana Menteri Edouard Philippe.

Istana Elysee menyatakan, Menteri Transportasi Elisabeth Borne telah ditunjuk sebagai Menteri Lingkungan Hidup yang baru, namun dia tidak akan menjabat posisi menteri negara.

De Rugy menuai sorotan publik setelah Mediapart mempublikasi foto-foto dirinya dan istrinya yang seorang jurnalis tengah menikmati makan malam mewah dengan lobster raksasa dan sampanye serta hidangan Hari Valentine saat dia menjadi ketua parlemen pada tahun 2017 dan 2018. 

Situs web berita investigasi itu melaporkan bahwa de Rugy telah belasan kali menyelenggarakan makan malam mewah sejak 2017 hingga 2018, ketika masih menjadi ketua parlemen Prancis. Situs tersebut menyebut jamuan mewah itu telah mengorbankan para pembayar pajak. Menu makan malam mewah itu mencakup, antara lain, sampanye, lobster raksasa, dan sebotol anggur senilai €500 (sekitar Rp 7,8 juta) yang telah ditandatangani Pangeran Charles.

De Rugy mengakui dirinya menjadi tuan rumah makan malam di bekas kediamannya, tetapi dengan tegas mengatakan bahwa itu merupakan bagian dari pekerjaannya sebagai ketua parlemen.

Laporan lain merujuk pada pengering rambut 500 euro yang dibeli oleh istri de Rugy dengan dana publik dan renovasi apartemen pemerintah mereka dengan biaya 63.000 euro.

De Rugy telah membantah melakukan kesalahan dan bahkan mengklaim dalam sebuah wawancara pekan lalu, bahwa dirinya alergi terhadap lobster dan tidak menyukai sampanye karena itu membuatnya sakit kepala.RED
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com