Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » 3 Polisi Terluka Diserang Pendemo Rusuh Manokwari saat Negosiasi

3 Polisi Terluka Diserang Pendemo Rusuh Manokwari saat Negosiasi

Written By mansyur soupyan sitompul on Senin, 19 Agustus 2019 | 13.08

Jakarta,dutabangsanews.com I Polisi bernegosiasi dengan mahasiswa dan tokoh masyarakat yang menggelar unjuk rasa di Manokwari, Papua Barat. Saat negosiasi berlangsung ada tiga anggota Polri yang terluka.

"Dari kepolisian 3 orang korban, satu luka Karoops, dua anggota. Saat negosiasi wagub, pangdam, ada provokasi lemparan batu," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Senin (19/8/2019).

Dedi mengatakan kondisi di Manokwari sudah kondusif. Komunikasi terus dilakukan dengan mahasiswa dan tokoh masyarakat. Namun, sempat terjadi perusakan dan pembakaran fasilitas umum serta kendaraan. 

Dedi mengatakan kerusuhan di Manokwari itu bermula dari mahasiswa dan masyarakat yang menyampaikan aspirasinya terkait insiden kekerasan dan pengusiran mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya beberapa hari lalu. Mereka, menurut Dedi, kemudian memblokade jalan hingga melakukan pembakaran dan perusakan.

"Singkatnya spontanitas mahasiswa tadi pagi melakukan unjuk rasa, kemudian juga dari masyarakat bergabung dengan mahasiswa menyampaikan aspirasinya dengan cara memblokir seluruh perempatan-perempatan jalan. Dengan kejadian tersebut, kapolda bersama seluruh jajaran berkomunikasi, silakan menyampaikan aspirasi tapi jangan anarkis," jelasnya. 

Dedi mengungkapkan, hingga kini pihaknya terus melakukan negosiasi agar para demonstran membuka jalan yang diblokade dan tidak melakukan perusakan ataupun pembakaran. Hingga saat ini, kata dia, semua titik jalan di Manokwari masih diblokade.

"Hampir semua titik-titik jalan, perempatan jalan di Manokwari diblokir sama komunitas masyarakat dan mahasiswa. Mahasiswa ini di pusat kota, tapi di pinggirannya banyak jalan diblokir," kata Dedi.

"Hasil negosiasi tadi untuk masyarakat tidak melakukan tindakan anarkis tapi masih memblokade jalan. Ini masih diupayakan blokade dibuka. Kami selalu mengedepankan soft approach," sambungnya. RED
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com