Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Bangsa Mengucapkan Selamat Mununaikan Ibdah Puasa 1440 H - 2019 M <<<::::::
Home » , » Mendagri Tito Minta Pemda Bikin Program yang Dirasakan Masyarakat

Mendagri Tito Minta Pemda Bikin Program yang Dirasakan Masyarakat

Written By mansyur soupyan sitompul on Selasa, 29 Oktober 2019 | 03.42

Jakarta,dutabangsanews.com I Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pemerintah daerah harus tepat sasaran dan sejalan dengan visi-misi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tito menegaskan program yang dijalankan dari APBD harus dirasakan masyarakat.

"Salah satu tugas dari Mendagri itu adalah melakukan pembinaan pembangunan, artinya ada dana yang cukup besar ditransfer ke daerah, itu harus tepat sasaran, di antaranya harus mensinkronkan antara visi-misi Bapak Presiden dengan kebutuhan khas masyarakat pembangunan lokal," kata Mendagri Tito dalam keterangannya, Selasa (29/10/2019).

Mendagri juga berharap agar program pemerintah daerah dapat sejalan dengan pemerintah pusat. Selain itu, dia menginginkan setiap dana pemerintah dapat disalurkan ke program-program yang berguna bagi masyarakat.

"Jadi yang ingin kita sampaikan kewenangan salah satu tugas dari Mendagri adalah untuk meyakinkan, memberi pembinaan agar program di daerah sinkron dengan pemerintah pusat. Kita juga sisir, jangan sampai hanya 'sent' berarti jangan hanya buat program, tapi harus 'delivered' dirasakan oleh masyarakat," jelas Tito.

Lebih lanjut, Mendagri menjabarkan sebuah indikator untuk mengukur penggunaan APBD. Menurutnya, apabila masih lebih banyak pengeluaran untuk belanja modal, perlu dipastikan lagi apakah dana tersebut benar-benar dirasakan masyarakat atau tidak.

"Cara melihatnya apakah lebih banyak belanja pegawai, barang, atau modal. Kalau belanja pegawai dan barang yang banyak, berarti itu lebih banyak kepentingan pegawainya, yang diterima dan digunakan masyarakat kecil. Sebaliknya, kalau belanja modalnya besar itu yang bagus, tapi kita harus lihat lagi belanja modal itu betul-betul yang menyentuh masyarakat atau sekadar pengadaan," terangnya.

Tito akan membuat evaluasi terhadap penggunaan dan penyerapan dana yang digunakan pemerintah daerah. Dia juga akan membuat iklim kompetitif bagi setiap pemda dan memberikan apresiasi bagi pemda yang memiliki output baik.

"Kita akan melakukan evaluasi akhir tahun ini, kita lihat dari provinsi, kabupaten/kota, kita akan buat iklim yang kompetitif, yang bagus akan kita berikan penghargaan, yang kurang bagus akan disebutkan, kemudian setelah itu juga akan aktifkan APIP, inspektorat, untuk melihat dan menyisir program-program tepat sasaran," ucapnya.RED
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com