Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Bangsa Mengucapkan Selamat Mununaikan Ibdah Puasa 1440 H - 2019 M <<<::::::
Home » , » Penuhi Permintaan Jokowi, MPR Sebut Pelantikan Presiden Digelar Sederhana

Penuhi Permintaan Jokowi, MPR Sebut Pelantikan Presiden Digelar Sederhana

Written By mansyur soupyan sitompul on Jumat, 18 Oktober 2019 | 01.06

Jakarta,dutabangsanews.com I Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan agar pelantikan presiden dan wakil presiden dilangsungkan dengan sederhana. MPR menyetujui permintaan tersebut dan menyatakan akan menggelar acara pelantikan secara sederhana.

"Ya setuju, sederhana memang betul, kemarin pada saat kita rapat konsultasi dari pimpinan MPR dengan Presiden jelas bahwa dilakukan sederhana, khidmat, agung, kan gitu. Tentu kita melaksanakannya seperti itu, karena sudah tersedia, semuanya sudah ada ya tinggal melaksanakan saja," kata Sekjen MPR Ma'ruf Cahyono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Ma'ruf menegaskan, pihaknya akan memastikan agenda pelantikan itu akan berjalan lancar. Ia juga akan menyambut tamu yang datang dengan baik.

"Kita akan melakukan secara sederhana, tidak ada sesuatu. Tapi menerima tamu tentu perlu rapi-rapi, bersih-bersih, sarananya bagus, tapi bukan berarti itu kemewahan. Karena memang standar agenda kenegaraan setiap sidang kita seperti itu," ujarnya.

Ma'ruf menyebutkan sampai saat ini sudah ada 18 perwakilan negara lain yang sudah konfirmasi akan hadir, yang meliputi kepala negara, kepala pemerintahan, utusan khusus, dan para duta besar. MPR juga bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri untuk menyambut tamu dari negara sahabat tersebut.

"Jadi penerimaan terhadap mereka juga sudah kita siapkan semaksimal mungkin, dari mulai kehadiran, karena juga tidak hanya di internal. Melibatkan juga Kementerian Luar Negeri untuk tamu negara. Mereka ada di sini dan bagaimana sampai ke gedung MPR," jelas Ma'ruf.

Selain itu, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipastikan akan hadir dalam pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin. Mantan rival Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, juga akan hadir. Ma'ruf menyebut hadirnya tokoh-tokoh itu membawa pesan positif.

"Saya kira ini tokoh-tokoh akan hadir dalam pelantikan dan membawa pesan positif tidak hanya internal kita tapi juga dunia internasional, bahwa perhelatan lima tahunan untuk melegitimasi pemimpin nasional tingkat presiden itu mendapat citra yang baik di mata internasional. Nanti dampaknya akan baik ya," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan supaya pelantikan dilangsungkan dengan sederhana. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menerima pimpinan MPR terkait pelantikan presiden.

"Saya juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan upacara dan perayaan di dalam pelantikan dilakukan sederhana saja, tapi juga tanpa mengurangi kekhidmatan dan keagungan acara itu," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (16/10).RED
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com