Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Bangsa Mengucapkan Selamat Mununaikan Ibdah Puasa 1440 H - 2019 M <<<::::::
Home » » Dishub Bandung Tak Bongkar Total Taman untuk Atasi Macet di PVJ

Dishub Bandung Tak Bongkar Total Taman untuk Atasi Macet di PVJ

Written By mansyur soupyan sitompul on Kamis, 21 November 2019 | 22.11

Bandung,dutabangsanews.com I Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung memastikan pembongkaran taman di Jalan Cemara dan Otten tidak akan mengganggu fungsi taman tersebut sebagai ruang terbuka hijau (RTH). Pembongkaran taman itu dipastikan tidak total atau menyeluruh.

"Bagian ujungnya saja, (pembongkaran) tidak ganggu fungsi taman sebagai RTH," kata Kepala Dishub Kota Bandung Ricky Gustiadi, Jumat (22/11/2019).

Sekadar diketahui, rencana pembongkaran taman di Jalan Cemara dan Otten dilakukan demi mengatasi kemacetan di depan mal Paris Van Java (PVJ) dan memaksimalkan rekayasa lalu lintas di Jalan Sukajadi, Cipaganti dan Setiabudi. Sebab hingga kini pelaksanaan rekayasa tersebut masih menimbulkan beberapa titik kemacetan.

Contohnya saja di persimpangan Jalan Cemara-Jalan Sukajadi, Jalan Otten- Jalan Sukajadi. Selain itu di Jalan Pasteur atau tepat di depan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) yang titik kemacetannya mengular sampai persimpangan Jalan Pasteur-Cipaganti dan Jalan Pasteur-Cihampelas.

Melihat kondisi itu, Dishub Kota Bandung bersama pihak terkait akan melaksanakan beberapa evaluasi. Salah satunya memperbaiki geometri di persimpangan Jalan Cemara-Sukajadi dan Otten-Sukajadi dengan membongkar bagian taman yang ada di dua titik tersebut.

"Itu ada perbaikan desain geometri persimpangan. Contoh di (taman) Jalan Cemara supaya (kendaraan) dari Jalan Sukajadi mau belok kanan lancar. Itu dipotong median (tamannya). Begitu juga simpang Otten-Sukajadi," tutur Ricky.

Ricky memastikan bagian taman yang akan dibongkar tidaklah besar. Ricky memperkirakan besarannya hanya sekitar 10-30 persen saja tergantung kebutuhan. Tapi yang jelas, kata dia, tidak akan mengubah fungsi dari taman sebagai RTH.

"Paling 10-30 persen (yang dibongkar). Tidak semuanya," ucapnya.

Selain membongkar taman, pihaknya juga akan menutup pintu masuk dan keluar mal PVJ yang berada di Jalan Sukajadi. Karena berdasarkan evaluasi di lokasi tersebut juga sering terjadi penumpukan kendaraan.

"Tumpukan pintu ke luar masuk PVJ. Pak Wakil minta diuji coba minggu depan pintu PVJ ditutup. Jadi nanti aksesnya melalui Karang Tinggal," ujar Ricky.

Menurut Ricky, upaya rekayasa lalu lintas yang dilakukan bisa berdampak positif. Karena dari pengamatan yang dilakukan secara umum rekayasa lalu lintas berjalan baik hanya memang masih ada kekurangan yang harus diperbaiki.

DPRD Kota Bandung menyoroti rencana Pemkot membongkar taman di Jalan Cemara dan Otten demi memaksimalkan pelaksanaan rekayasa lalu lintas di kawasan Jalan Sukajadi, Cipaganti dan Setiabudi. Pemkot harus menyiapkan lahan pengganti sesuai dengan luasan taman yang dibongkar.RED
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com