Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Bangsa Mengucapkan Selamat Mununaikan Ibdah Puasa 1440 H - 2019 M <<<::::::
Home » , » DPR Minta Jokowi Pilih Orang Berpengalaman Bidang Hukum Jadi Dewas KPK

DPR Minta Jokowi Pilih Orang Berpengalaman Bidang Hukum Jadi Dewas KPK

Written By mansyur soupyan sitompul on Minggu, 03 November 2019 | 22.12

Jakarta,dutabangsanews.com I Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memilih langsung Dewan Pengawas (Dewas) KPK untuk pertama kalinya. Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin meminta Jokowi menunjuk orang yang berpengalaman di bidang hukum.

"Cari orang yang berpengalaman di bidang hukum, punya experience di bidang hukum. Bisa saja mantan KPK, bisa saja mantan komisioner, tentu punya pengetahuan dan experience dan pengalaman yang cukup di bidang hukum," kata Azis di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/11/2019.

Azis tak mempermasalahkan jika nantinya Dewas KPK diisi orang-orang dari partai politik asal dinilai berkompeten dan berpengalaman. Ia mengatakan tak ada pembatasan latar belakang Dewas KPK.

"Sepanjang punya pengalaman, experience, dan punya akuntabilitas yang cukup dalam dunia hukum, dan bisa menganalisis daripada UU tersebut," ujar Azis.

Dia meminta semua pihak mengawasi proses pemilihan Dewas KPK untuk menghindari konflik kepentingan. Menurutnya, UU Nomor 19/2019 tentang KPK sudah mengatur proses pemilihan anggota Dewas.

"Kita harus menjaga, seluruh elemen masyarakat, seluruh komponen bangsa harus menjaga, tidak ada conflict of interest di dalam penunjukan dalam hal pelaksanaan UU. Sudah diatur di UU, (Dewas) ditunjuk oleh pemerintah," tegasnya.

Sementara itu, Azis enggan berbicara tentang Jokowi yang tak menerbitkan Perppu KPK. Menurutnya, terbit atau tidaknya Perppu merupakan ranah presiden.

"Urusan perppu kan urusan Presiden, kita nggak bisa campur. Nanti saja kita lihat. Kalah UU-nya sudah ada kan perppu ada syaratnya, syarat-syaratnya untuk mengeluarkan perppu kan ada syaratnya," tutur Azis.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan masih menampung masukan-masukan pembentukan Dewas KPK. Nantinya anggota Dewas untuk pertama kalinya dipilih langsung oleh Jokowi, bukan melalui panitia seleksi (pansel) sesuai dengan UU KPK ang baru.

"Saat ini untuk dewan pengawas KPK kita masih dalam proses mendapatkan masukan-masukan untuk siapa yang nanti duduk di dalam dewan pengawas KPK," ujar Jokowi di Kompleks Istana, Jakarta Pusat, Jumat (1/11).

Sesuai aturan yang ada, dewan pengawas dipilih langsung oleh Jokowi. Ia memastikan dewan pengawas yang akan dipilihnya tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya.

"Untuk pertama kalinya tidak lewat pansel, tapi percayalah nanti yang terpilih beliau-beliau yang memiliki kredibilitas yang baik," sebut Jokowi.RED

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com