Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Wapres Ma'ruf Amin Sebut Potensi Zakat Indonesia Capai Rp 230 T

Wapres Ma'ruf Amin Sebut Potensi Zakat Indonesia Capai Rp 230 T

Written By mansyur soupyan sitompul on Selasa, 05 November 2019 | 13.21

Bandung,dutabangsanews.com I Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengungkapkan potensi zakat di Indonesia sangat besar yakni mencapai Rp230 triliun. Namun dari jumlah tersebut baru 3,5 persen atau sekitar Rp 8 triliun yang telah dikelola.

"Itu artinya masih sangat besar potensi zakat (di Indonesia) yang belum terkelola," kata Ma'ruf saat membuka World Zakat Forum (WZF) 2019 di Crown Plaza Hotel, Kota Bandung, Selasa (5/11/2019).

Berdasarkan laporan yang diterima, kata Ma'ruf, terjadi peningkatan pengumpulan zakat dalam lima tahun terakhir mencapai 24 persen. Tapi dia menilai kenaikan tersebut masih relatif kecil dibandingkan dengan potensi zakat yang ada.

Berbagai upaya harus dilakukan. Misalnya meningkatkan kesadaran masyarakat wajib zakat (muzaki) dengan cara-cara yang lebih baik," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga mendorong pemanfaatan teknologi berbasis digital untuk pengelolaan zakat. Hal itu menurutnya bisa meningkatkan kepercayaan dari para muzaki.

"Penggunaan informasi berbasis digital dalam pengelolaan zakat, sehingga menumbuhkan kepercayaan yang semakin tinggi dari muzaki," katanya.

Ma'ruf melanjutkan, Badan Amil Zakat (BAZ) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) perlu terus berinovasi dari sisi penyaluran zakat. Sehingga zakat yang disalurkan itu tidak hanya diterima oleh para mustahik tapi bisa mendorong pemberdayaan masyarakat dan peningkatan produktifitas.

"Pada akhirnya dapat memberikan kontribusi bagi pengurangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.RED
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com