Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » » Polri Gelar Apel Aman Nusa II, Siap Terjunkan Personel Saat Bencana

Polri Gelar Apel Aman Nusa II, Siap Terjunkan Personel Saat Bencana

Written By mansyur soupyan sitompul on Senin, 16 Desember 2019 | 12.09

Depok,dutabangsanews.com I Polri menggelar Apel kesiapsiagaan bencana Aman Nusa II bersama BNPB, Basarnas, hingga BMKG. Komandan Korps Brimob Polri Irjen Anang Revandoko menekankan jajarannya siap terjun ke lapangan jika terjadi bencana.

Hal itu disampaikan Anang dalam amanatnya yang dibacakan Wakil Komandan Korps Brimob Brigjen Abdul Rakhman Baso dalam apel di Lapangan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin (16/12/2019). Anang merupakan Kaopsus Aman Nusa II.

Anang mengatakan wilayah Indonesia berada di antara dua benua dan di antara dua samudera serta dilalui garis katulistiwa sehingga menyebabkan rentan terhadap perubahan iklim dan cuaca. Posisi Indonesia juga berada pada garis tumpuan lempeng tektonik eurasia dan pasifik dan Indo-Australia serta letak geografis pada lingkaran cincin api gunung vulkanik.

"Hal ini sangat berpotensi terjadinya bencana antara lain, perubahan iklim yang ekstrem, gempa bumi tektonik vulkanik dan erupsi gunung berapi dengan dengan turunannya serta tsunami, banjir lahar dingin dan tanah longsor," kata Anang dalam amanat yang dibacakan Abdul Rakhman Baso.

Indonesia memiliki iklim tropis dengan dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Pada musim penghujan beberapa wilayah sering mengalami banjir, longsor, abrasi pantai dan cuaca ekstrem. Sedangkan pada musim kemarau sering muncul kebakaran hutan dan lahan.

"Bencana terjadi diakibatkan juga oleh masyarakat yang kurang sadar akan lingkungan dan minimnya pengetahuan pengolahan sumber daya alam sehingga mengakibatkan terjadinya bencana yang menyebutkan kerugian yang cukup besar," ujarnya.

Berdasarkan catatan BNPB, sejak Januari hingga November 2019 telah terjadi 2.829 bencana terdiri dari puting beliung, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan dan lahan, kekeringan, gempa bumi, gelombang pasang abrasi, hingga letusan gunung berapi.

"Menyikapi hal tersebut Polri beserta seluruh jajaran Mabes Polri, bekerja sama dengan BNPB, BNPP, BMKG dan TNI serta pemerintah beserta potensi lainnya melaksanakan kegiatan operasi kontijensi Aman Nusa II 2019 dengan membentuk satgas," ujarnya.RED
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com