Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa Mengucapkan Selamat HUT TNI Ke 75 <<<::::::
Home » , » China Klaim Laut Natuna, RI Tingkatkan Patroli

China Klaim Laut Natuna, RI Tingkatkan Patroli

Written By mansyur soupyan sitompul on Jumat, 03 Januari 2020 | 16.14

Jakarta,dutabangsanews.com I - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md menegaskan bahwa China telah melalukan pelanggaran batas wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) RI di Laut Natuna. Pemerintah Indonesia-pun akan meningkatkan intensitas patroli di wilayah tersebut.

"Kita rapat membicarakan perkembangan terakhir di Laut China Selatan. Di mana seperti diberitakan ada penyelusupan, pelanggaran batas wilayah ke dalam ZEE Indonesia oleh kapal China yang dikawal oleh coast guard-nya," ujar Mahfud usai menggelar rapat koordinasi di Kemnonko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (3/1/2020).

Sementara itu, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menegaskan Indonesia akan mengambil langkah tegas atas klaim China tersebut. Retno menyebut pemerintah juga akan meningkatkan intensitas kapal patroli di Laut Natuna.

"Dan dari rapat tadi juga disepakati beberapa intensifikasi patroli di wilayah tersebut," kata Retno.

Retno mengatakan kapal-kapal ikan Indonesia akan terus melakukan kegiatan di wilayah tersebut. Retno menegaskan Laut Natuna adalah hak bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Dan juga kegiatan perikanan yang memang merupakan hak bagi Indonesia untuk mengembangkannya di Perairan Natuna," tegas Retno.

Sementara itu, pihak China masih bersikeras bahwa pihaknya tidak melanggar terirorial negara lain. Mereka merasa bagian Perairan Natuna yang dilewati kapalnya adalah teritorial China.

"Saya ingin menegaskan bahwa posisi dan dalil-dalil China mematuhi hukum internasional, termasuk UNCLOS. Jadi apakah pihak Indonesia menerima atau tidak, itu tak akan mengubah fakta objektif bahwa China punya hak dan kepentingan di perairan terkait (relevant waters)," ujar Juru Bicara Kemlu China, Geng Shuang dalam pernyataan persnya, 2 Januari 2020, dilansir dari situs Kementerian Luar Negeri RRC.RED
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com