Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Bangsa Mengucapkan Selamat Mununaikan Ibdah Puasa 1440 H - 2019 M <<<::::::
Home » , » Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Memimpin Upacara Pemberangkatan Satgas Garuda RI

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Memimpin Upacara Pemberangkatan Satgas Garuda RI

Written By mansyur soupyan sitompul on Jumat, 31 Januari 2020 | 20.03

Jakarta,dutabangsanews.com I - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin upacara pemberangkatan Satgas Garuda RI. Pasukan tersebut ditugaskan untuk membantu penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Australia.

Pasukan tersebut akan bertugas di Distrik Eden. Hadi mengatakan jika prajuritnya akan mengemban tugas rural fire service.

"Operasi ini adalah membantu rural fire service pada lapis kedua. Tugas-tugas di sana sudah kita assigment yaitu normalisasi jalan termasuk juga membereskan kayu-kayu atau puing yang menutup akses jalan," ujar Hadi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (1/2/2020).

Hadi mengatakan tidak menutup kemungkinan dirinya akan menambah pasukan TNI di sana. Pihaknya masih akan terus berkoordinasi dengan pemerintah Australia terkait hal tersebut.

Dalam sambutannya, Hadi menegaskan para prajurit untuk menjaga nama baik instansi dan negara. Dia menekankan jika tugas ini adalah tugas mulia.

"Saudara-saudara adalah duta-duta bangsa dan kemanusiaan. Tugas ini mulia yang penuh nilai kemanusiaan," ujar Hadi.

"Semoga Tuhan Yang Maha Esa menyertai setiap langkah di mana kita bertugas demi bangsa dan tanah air kita tercinta. Saya ucapkan selamat bertugas kepada para prajurit," sambungnya.

Hadi menegaskan dalam Perjanjian Lombok tahun 2006, baik Indonesia dan Australia telah sepakat untuk saling membantu jika terjadi bencana di masing-masing negara. Dia juga mengingatkan jika selama ini Australia telah banyak membantu Indonesia ketika terkena musibah.

"Saat ini telah terjadi kebakaran hutan yang sangat besar di Australia. Oleh karena itu sudah selayaknya kita memberikan bantuan kepada tetangga kita Australia," ujar Hadi.

Dalam amanatnya, Hadi juga berpesan pentingnya koordinasi dengan pihak pemerintah Australia dalam mengemban tugas.

"Laksanakan koordinasi yang ketat dengan satgas penanganan karhutla Australia karena mereka yang lebih mengerti medan lokasi. Hanya dengan sinergi dan kerja sama yang baik tugas ini bisa dikerjakan dengan maksimal," kata.

Hadi juga meminta para prajurit untuk selalu memperhatikan keamanan mengingat mereka akan berhadapan dengan kondisi alam yang tidak bisa diprediksi. Dari informasi yang diperoleh, Distrik Eden tempat prajurit bertugas nanti memiliki suhu berkisar 41 derajat.

Dia juga berpesan pentingnya para prajurit menjaga nama baik instansi dan negara dalam tugas yang diemban tersebut. Menurutnya, para prajurit adalah duta-duta bangsa dan kemanusiaan.

"Laksanakan tugas dan kepercayaan dari negara secara profesional. Para prajurit tidak hanya membawa nama TNI, tapi juga bangsa," pesan Hadi.

Satgas Garuda RI sendiri terdiri dari 44 personel dengan rincian Tim LO terdiri dari 2 personel TNI AD dan 1 personel TNI AU. Tim Zeni Konstruksi yang terdiri dari 26 orang TNI AD (Menzikom), 6 personel TNI AL (Yonmar), 4 personel dari TNI AU.

Delegasi juga memiliki tim kesehatan yang berasal dari 2 personel TNI AD. 2 personel BNPB juga ikut dalam rombongan ini serta 1 orang perwakilan dari Kemlu.RED
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com