Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa Mengucapkan Selamat HUT TNI Ke 75 <<<::::::
Home » » Sudah 3 Hari, Lokasi Longsor di Sukajaya Bogor Belum Bisa Disentuh Petugas

Sudah 3 Hari, Lokasi Longsor di Sukajaya Bogor Belum Bisa Disentuh Petugas

Written By mansyur soupyan sitompul on Jumat, 03 Januari 2020 | 14.06

Bogor,dutabangsanews.com I - Lokasi longsor di beberapa desa di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor belum bisa diakses oleh kendaraan petugas hingga siang ini. Jalur utama menuju lokasi-lokasi longsor masih tertutup oleh material tanah dan lumpur.

Seperti lokasi longsor di Kampung Ciputih Tonggoh, Desa Sukajaya, misalnya. Di lokasi ini puluhan rumah rata dengan tanah. Namun sampai saat ini belum ada petugas yang melakukan evakuasi di lokasi. Padahal di bawah timbunan longsor, masih banyak barang-barang seperti motor dan lainnya yang belum bisa diangkat oleh warga.

"Rumah di sini banyak yang hilang (tertimbun tanah). Rumah bibi (tante,red) saya saja sudah nggak ada, itu ketimbun tanah. Barang warga nggak ada yang sempet kebawa. Motor banyak yang ketimbun, lebih 10 motor yang ada di bawah tanah ini sekarang. Belum diangkat," kata Husni ditemui di sisi rumahnya di Kampung Ciputih Tonggoh, Desa Sukajaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jum'at (3/1/2020).

"Pokoknya sejak kejadian Hari Rabu (1/1) itu sampai sekarang memang belum ada petugas. Jangankan bantu angkat, bantu makanan saja belum ada," sambung Husni.

Sepanjang jalan menuju kantor Kecamatan Sukajaya ditemui sekitar 8 titik longsor yang menutup jalan utama yang biasa dilewati warga. Di titik lain juga terdapat jalan utama yang amblas akibat longsor.

Titik pertama berada di Desa Harkat Jaya. Di lokasi ini, material longsor yang menutup jalan utama di Desa Harkat Jaya sudah berhasil dievakuasi sehingga warga sudah mulai beraktivitas. Namun lumpur sisa longsor masih menumpuk di tengah jalan utama dan membuat warga masih sangat kesulitan untuk melewati jalur tersebut jika menggunakan motor.

Kondisi serupa juga terjadi di Kampung Cipayung Desa Jaya Harja. Lumpur bekas longsoran setebal sekitar 40 centimeter masih menumpuk di tengah jalan. Banyak warga yang memaksakan diri untuk tetap melewati jalur tersebut. Akibatnya, banyak kendaraan berhenti dan memilih memutar balik dan mengurungkan niatnya untuk keluar dari desa tersebut.

Warga terpaksa membuka jalur dengan alat seadanya karena tidak ada alat berat dari petugas yang didatangkan ke lokasi untuk membersihkan material longsor.

Bencana longsor juga terjadi Desa Giri Mulya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Di lokasi ini, longsor mengakibatkan jalan utama menuju kantor Kecamatan Sukajaya amblas dan tidak bisa dilalui.

Namun demikian, pihak BPBD Kabupaten Bogor sampai saat ini belum mendata berapa jumlah titik longsor yang terjadi di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Pemkab Bogor juga belum mendata berapa jumlah warga yang mengungsi akibat bencana banjir dan longsor di Kabupaten Bogor.RED
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com