Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Jokowi Tanam Vetiver hingga Porang di Hulu Waduk Gajah Mungkur

Jokowi Tanam Vetiver hingga Porang di Hulu Waduk Gajah Mungkur

Written By mansyur soupyan sitompul on Sabtu, 15 Februari 2020 | 15.25

Wonogiri,dutabangsanews.com I - Presiden Jokowi menanam akar wangi atau vetiver di hulu Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, siang ini. Tak hanya vetiver, Jokowi juga menanam porang di area pinggir Daerah Aliran Sungai (DAS) Keduang yang bermuara di Waduk Gajah Mungkur.

Jokowi datang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. Turut hadir dalam kegiatan ini Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Kapolda Irjen Rycko Amleza Dahniel dan Pangdam Mayjen Mochammad Effendi.

Sambil menyapa warga Jokowi berjalan kaki menuju lokasi penanaman. Setelah mendapatkan penjelasan singkat dari Menteri Siti, Jokowi menanam vetiver bersama warga.

Selain vetiver ada bibit porang, serta tanaman penghijauan lain, seperti matoa, kelengkeng, durian, hingga empon-empon. Saat penanaman ini, Jokowi juga memperkenalkan sistem agroforesti.

Sistem penghijauan ini memadukan antara pertanian dan kehutanan. Adapun jumlah pohon yang ditanam bersama ini lebih terdiri dari puluhan ribu batang.

Jenis tanaman dan pepohonan ini dipilih untuk mencegah erosi sekaligus meningkatkan produktifitas dan perekonomian masyarakat. Usai menanam vetiver, Jokowi langsung bertolak menuju Solo.

Sebelumnya, Jokowi sempat memperkenalkan tanaman vetiver yang berfungsi mencegah banjir dan tanah longsor. Vetiver ini punya akar kuat untuk mencengkeram bumi yang kekuatannya setara seperenam kawat baja.

"Ini mau saya kenalkan, tanam yang namanya vetiver, akar wangi. Vetiver bukan beda Veti Vera, beda itu. Karena apa, dalam setahun akarnya bisa 1/2-1 meter. Ini mulai harus dikenalkan. Diperbanyak bibitnya. Sebarkan ke daerah yang memiliki ancaman bencana," kata Jokowi saat memberi pengarahan di SICC, Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2).RED
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com