Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » » Puan Maharani: DPR Dukung Realokasi Anggaran Negara untuk Atasi Corona

Puan Maharani: DPR Dukung Realokasi Anggaran Negara untuk Atasi Corona

Written By mansyur soupyan sitompul on Senin, 23 Maret 2020 | 12.34

Jakarta,dutabangsanews.com PENANGANAN wabah virus Corona (COVID-19) membutuhkan dana besar. DPR mendukung langkah pemerintah untuk merealokasikan anggaran negara demi kepentingan pencegahan dan pengobatan.

"DPR mendukung langkah pemerintah merealokasikan anggaran negara untuk kepentingan penanggulangan pandemi COVID-19, sesuai kewenangan pemerintah yang diberikan dan tertuang dalam UU APBN Tahun Anggaran 2020," kata Ketua DPR Puan Maharani, dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/3/2020).

Puan mengatakan, realokasi anggaran tersebut harus digunakan untuk tes Corona massal secara gratis. Fasilitas kesehatan di rumah sakit juga perlu dilakukan penambahan.

"Anggaran tersebut harus dimanfaatkan untuk pengadaan alat dan fasilitas screening tes Corona massal secara gratis, penambahan alat perlindungan diri bagi tenaga kesehatan, penambahan fasilitas rumah sakit, pengobatan pasien Corona gratis, serta upaya-upaya menangkal penyebaran virus Corona," ujar Puan.

Selain itu, DPR ingin pemerintah menguatkan daya beli masyarakat di tengah wabah Corona. Harus ada perhatian bagi masyarakat yang kehilangan pendapatan akibat kebijakan social distancing.

"Realokasi anggaran negara bisa diarahkan pada program-program penguatan daya beli masyarakat yang terdampak wabah Corona," ungkap Puan.

DPR juga mengingatkan pemerintah soal antisipasi inflasi akibat melonjaknya harga kebutuhan pokok dan alat medis. Puan menyebut perlu ada koordinasi kementerian terkait dalam mengatasi masalah ini.

"Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kesehatan, Bulog dan BUMN perlu berkoordinasi untuk meningkatkan kekuatan stok pangan dan alat medis pelindung diri akibat lonjakan permintaan dan pembelian barang tersebut," kata Puan.

"Pemerintah bersama Bank Indonesia agar terus berkoordinasi meredam pelemahan rupiah. Selain kebijakan moneter yang efektif, langkah-langkah pemerintah yang terukur dan kredibel dalam penanganan wabah Corona akan memperkuat kepercayaan pasar sehingga dapat meredam kejatuhan nilai tukar rupiah," ungkap politikus PDIP itu.RED/dtk
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com