Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » » Tangkal Virus Corona, Pencegahan di Pelabuhan Diperketat

Tangkal Virus Corona, Pencegahan di Pelabuhan Diperketat

Written By mansyur soupyan sitompul on Sabtu, 07 Maret 2020 | 17.12

Jakarta,dutabangsanews.com PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus meningkatkan upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) di seluruh pelabuhan di Indonesia baik untuk kapal yang melakukan perjalanan domestik maupun internasional. Pencegahan dilakukan pada awak kapal, penumpang, maupun pegawai di pelabuhan.

"Pelindo 1 turut aktif dalam melakukan pengawasan dan sosialisasi pencegahan penyebaran virus Corona di lingkungan Pelindo 1 baik itu untuk awak kapal, penumpang, pegawai, dan juga melalui media sosial untuk masyarakat umum," terang SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo 1, M. Eriansyah dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/3/2020).

Peningkatan kewaspadaan dan memperketat pengawasan terhadap semua pihak yang beroperasi di pelabuhan merupakan tindak lanjut dari arahan Pemerintah melalui Surat Edaran Kementerian BUMN dengan Nomor SE-1/MBU/03/2020 tentang kewaspadaan terhadap penyebaran Corona Virus Disease.

Pelindo 1 dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bekerja bersama untuk melakukan pemeriksaan ke seluruh awak kapal dan kapal dapat dilayani setelah berstatus bebas karantina. Upaya ini telah dilakukan di Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau yang melayani bongkar muat kargo dari dalam dan luar negeri.

Pelindo 1 juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat, bea cukai, karantina, imigrasi, dan Kementerian Perhubungan melalui Otoritas Pelabuhan dan Kantor Syahbandar serta sejumlah instansi terkait untuk pengawasan pencegahan penyebaran Corona.

Untuk area terminal Pelindo 1 memasang papan informasi tentang bahaya Corona dan pencegahannya, menyediakan hand sanitizer dan membagikan masker kepada penumpang.

Penumpang Pelindo 1 juga akan diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan suhu tubuh oleh petugas pelabuhan menggunakan thermal scanner ketika memasuki area pelabuhan. Penerapan ini telah dilakukan di Terminal Penumpang Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Belawai, Tanjung Balai Asahan, dan Dumai.

Pelindo juga mewajibkan seluruh petugas operasional pelabuhan dan para pandu untuk menggunakan masker khusus, Alat Pelindung Diri (APD), kacamata, dan sarung tangan ketika tengah bertugas.

Terakhir, Pelindo 1 juga memberikan sosialisasi antisipasi penyebaran Corona kepada pegawai di seluruh cabang Pelindo 1 meliputi sosialisasi pemeriksaan tubuh, tata cara mencuci tangan, menyediakan hand sanitizer, memasang poster informasi, himbauan bagi pegawai yang terkena batuk dan flu untuk menggunakan masker, mengambil cuti bagi yang sakit, dan melakukan perjalanan ke luar negeri terutama ke negara terdampak Corona.

"Pelindo 1 terus mendukung pemerintah dalam upaya penanganan dan pencegahan wabah Corona," pungkas Eriansyah.RED/dtk
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com