Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Bangsa Mengucapkan Selamat Mununaikan Ibdah Puasa 1440 H - 2019 M <<<::::::
Home » , » Yayasan Sada Pemuda Samosir Berjuang Untuk Ummat Islam

Yayasan Sada Pemuda Samosir Berjuang Untuk Ummat Islam

Written By mansyur soupyan sitompul on Selasa, 03 Maret 2020 | 20.59

Medan-www.dutabangsaneews.com I DALAM rangka memperkenalkan Yayasan Sahabat Dakwah Peduli Muslim Daerah Samosir, (Yayasan Sada Pemuda Samosir) ke masyarakat, pada tanggal 28 Februari 2020 bertempat di Masjid Al-Jihad Jalan Abdullah Lubis Medan, telah dilaksanakan launching pendirian yayasan dihadapan jama’ah komunitas Sahabat Hijrahku serta hadirin lainnya. 

Ustadz Ali Nasrun Hasibuan didampingi pembina, pengawas dan pengurus lainnya, berdiri dihadapan jama’ah memperkenalkan Yayasan Sada Pemuda Samosir, mulai dari cikal bakal pendiriannya, menjelaskan. Visi dan strategi serta program kerjanya. 

Hadir dalam acara launching tersebut Ahmad Kamal Ketua Komunitas Sahabat Hijrahku menyampaikan ajakannya kepada para hadirin untuk mendukung setiap perjuangan dakwah di daerah minoritas termasuk yang diperjuangkan oleh Yayasan Sada Pemuda Samosir. 

Ajakan tersebut langsung disampaikan Ahmad Kamal setelah Ustadz Ali Nasrun Hasibuan selesai menyampaikan perkenalan dan penjelasannya mengenai Yayasan Sada Pemuda Samosir.


“Memberitahukan bahwa da’i saat ini mengajar di Masjid Nurul Iman Sihotang Samosir merupakan da’i yang ditempatkan Yayasan Bina Muslim Minoritas Sumatera Utara (YBBMSU), binaan Ustadz Daka Simanjuntak, dan sebagian pendanaannya bersumber dari para pemuda diperantauan asal Samosir tergabung dalam satu WA Group Donatur yang diberi nama komunitas Sahabat Dakwah,” demikian penjelasannya Ustadz Ali Nasrun Hasibuan. 

Pengumpulan dana infaq dari Sahabat Dakwah berjalan baik meskipun masih mengunakan rekening pribadi. Sudah menjadi skenario dari Allah SWT Yayasan Sada Pemuda Samosir didirikan untuk menggantikan YBMMSU. Yang menarik diri dari Sihotang karena akan konsentrasi dakwah di Tapanuli Utara terhitung Maret 2020. 

Di mana masyarakat muslim di Sihotang sangat berharap da’i di Sihotang tetap dan di sisi lain, sudah mulai ada tumbuh kepedulian para pemuda asal Samosir yang tergabung dalam Sahabat Dakwah sebagai donator tetap mendukung sebagaian pendanaan biaya da’i di Sihotang.


Hal tersebut menjadi cikal bakal lahirnya Yayasan Sahabat Dakwah, yang diawali dengan diskusi-diskusi terbatas di kalangan internal Sahabat Dakwah, dengan mudah dan dalam waktu singkat sepakat mendirikan yayasan dan memperluas cakupan wilayah dakwah menjadi Kabupaten Samosir. Jumlah pendiri yayasan sebanyak 10 orang dari Sahabat Dakwah, dengan susunan organ yayasan sebagai berikut : 

Pembina : 

Ketua : H. Sudiman Sihotang, SH, MH, Anggota : Sihol Sihotang, SH, Nuddin Sinabang, S.Pd, MM. 

Pengurus : 

Ketua Umum : Ust. Ali Nasrun Hasibuan, S.Pd. M.Pd.I, Ketua : Lamhot Simarmata, S. Ag, Sekretaris Rosul Fauzi Sihotang S.Sos, Bendahara : Helfrida Situmorang S.Kep, Ners, M.Kep 

Pengawas : 

Ketua : H. Naharuddin Manurung, S.Ag. 

Anggota : Bainuddin Pasaribu, S.Pd.I Pardamean Sihotang 

Yayasan Sada Pemuda Samosir didirikan berdasakan Akta Notaris nomor 3 tanggal 8 Januari 2020, Alvin Hidayati, SH selaku pengganti dari Abraham Yazdi Martin, SH. M,Kn Notaris di Jakarta dan telah mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM RI sesuai surat keputusannya No. AHU-0001028.AH.01.04.Tahun 2020 tanggal 17 Januari 2020. 

Visi Yayasan Sada Pemuda Samosir adalah “Menjadi yayasan yang amanah dan berkualitas dalam mewujudkan pembinaan Ke-Islaman yang rahmah dan berkearifan di Kabupaten Samosir.” 

Adapun strategi yang akan dilaksanakan yayasan antar lain sebagai berikut : 

1. Menyediakan data dan informasi mengenai Ummat Islam di Kabupaten Samosir kepada mereka yang memerlukan dan peduli untuk memajukan Ummat Islam di Kabupaten Samosir. 2. Menjalin kerjasama dengan Kantor Kementerian Agama RI Kabupaten Samosir guna mendekatkan Ummat Islam di Samosir dengan pemerintah. 



3. Menjalin kerjasama dengan yayasan lain atau lembaga yang telah/akan mengirim da’i ke daerah Samosir guna optomalisasi tercapainya tujuan dakwah di Samosir; 4. Menjalin kerjasama dengan pondok pesantren, sekolah dan perguruan tinggi guna member akses kepada anak anak dari ummat islam di kabupatem Samosir; 

Program kerja Yayasan Sada Pemuda Samosir yang saat ini akan dilaksanakan antara lain : 

1. Meneruskan dakwah di Sihotang yang selama ini dilaksanakan oleh YBBMSU, 2. Mengenalkan Yayasan Sada Pemuda Samosir guna mendukung kegiatan dakwah di Samosir. 3. Mempersiapkan penyelenggaraan safari Ramadhan tahun 2020 di Samosir, 4. Mempersiapkan penyelenggaraan pemotongan hewan qurban tahun 2020 di Samosir, 5. Menempatkan da’i di Ronggurni Huta dan Onan Runggu. 

Yayasan Sada Pemuda Samosir hadir untuk menjadi penghubung Ummat Islam di Samosir dengan Ummat Islam di luar Samosir, yayasan didirikan tidak untuk tujuan memiliki asset akan tetapi untuk berdakwah, sehingga kelak kelak yayasan memilik asset tentunya semata-mata untuk keperluan perjuangan dakwah atau untuk memajukan Ummat Islam Samosir. 

Semua dana yang ada disetor kerekening yayasan dan hanya digunakan sesuai akadnya masing-masing, pada saat ini Yayasan memiliki 3 kode seroran rekening yaitu : 

1. Kode setoran angka 00 berarti setoran infaq biasa/tidak ada pesanan khusus, 2. Kode setoran angka 01 berarti setoran khusus untuk zakat mall, 3. Kode setoran angka 02 berarti setoran khusus untuk qurban. 

Penambahan kode setoran rekening bank akan dibuat sesuai permintaan Sahabat Dakwah. Lebih lanjut mengenai Yayasan silahkan berkunjung ke alamat Sekrtetariat Yayasan Jalan Menteng VII Gang Swasembada No. 7 Medan Tenggara Medan, rumah kediaman Sihol Sihotang di samping itu bisa berkunjung ke www.yasada.org atau mengkuti/membuka instragaram, youtube dan fanspage yayasan. 

Pada hari Sabtu tanggal 29 Februari 2020 bertempat di alamat sekretariat yayasan telah dilaksanakan pertemuan dengan mengundang umat islam asal Samosir yang berdomilisi di Medan dan kemudian sorenya dilanjutkan dengan pengenalan yayasan dihadapan jamaah Masjid Al-Muttaqin Jalan Karya 2 Helvetia. Pelaksanaan launching di Masjid Aljihad dan pengenalan yayasan dihadapan jama’ah Masjid Almuttaqin Jalan Karya 2 berjalan sukses dengan hasil lebih dari yang diharapkan oleh Pengurus Yayasan.***
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com