Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Kemenag: Tarawih dan Tadarus di Rumah untuk Kemaslahatan

Kemenag: Tarawih dan Tadarus di Rumah untuk Kemaslahatan

Written By mansyur soupyan sitompul on Jumat, 10 April 2020 | 10.50

Jakarta,dutabangsanews.com - Kementerian Agama (Kemenag) telah mengeluarkan pedoman ibadah pada bulan suci Ramadhan selama masa wabah Corona (COVID-19). Kemenag mengingatkan tarawih dan tadarus di rumah untuk kemaslahatan.

"Umat Islam di seluruh Indonesia diimbau agar dalam melaksanakan ibadah baik itu sholat dan segala aktivitas yang terkait dengan datangnya bulan suci Ramadhan, diharapkan untuk tetap berada di rumah," kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin dalam konferensi pers yang disiarkan lewat channel YouTube BNPB Indonesia, Jumat (10/4/2020).

Kemenag berharap ibadah puasa dilaksanakan sesuai dengan fikih puasa. Kemenag juga berharap acara-acara buka bersama hingga Nuzulul Qur'an ditiadakan. Sementara salat tarawih dan tadarus di rumah masing-masing.

"Kami berharap seluruh umat Islam di Indonesia agar tetap menjaga bersama physical distancing, agar kita berperan bersama dalam memerangi COVID-19 ini. Mudah-mudahan pelaksanaan ibadah kita di rumah masing insyaallah tak mengurangi kualitas ibadah kita, tidak mengurangi pahala kita, karena kita sedang dalam keadaan darurat," ujarnya.

Dia juga mengajak umat untuk sama-sama melaksanakan kebijakan pemerintah. Dia juga menyitir kaidah fikih.

"Karena tasooruful imam alal ro'yiah manutun bil maslahah, kebijakan pemerintah terhadap rakyatnya tentu berorientasi kepada kemaslahatan. Terus-menerus pada kemaslahatan, Insyaallah," ujarnya.

Dia juga mengingatkan warga dalam ibadah dan aktifitas keseharian untuk terus mengikuti protokol kesehatan. Seperti cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik, menggunakan masker ketika berada di tempat umum, hingga menjaga jarak minimal 1-2 meter.

"Dan kita tetap berada di rumah stay at home dan juga untuk kali ini kita melaksanakan ibadah di rumah dan tidak mudik pada saat nanti Idul Fitri," ujarnya.RED/dtk
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com