Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Bangsa Mengucapkan Selamat Mununaikan Ibdah Puasa 1440 H - 2019 M <<<::::::
Home » , » LAPAN Juga Pastikan Dentuman Jakarta-Bogor Bukan dari Anak Krakatau

LAPAN Juga Pastikan Dentuman Jakarta-Bogor Bukan dari Anak Krakatau

Written By mansyur soupyan sitompul on Sabtu, 11 April 2020 | 01.06

Jakarta,dutabangsanews.com- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) turut angkat bicara menanggapi dentuman yang terdengar di Jakarta, Depok, hingga Bogor. LAPAN menyebut ada kemungkinan dentuman itu bukan berasal dari letusan Gunung Anak Krakatau.

Informasi tersebut disampaikan dalam akun Twitter resmi LAPAN, @LAPAN_RI,Sabtu (11/4/2020) pagi. LAPAN menjelaskan letusan Gunung Anak Krakatau mulai tampak mengeluarkan debu vulkanik pada pukul 23.10 WIB, yang kemudian menyebar ke arah barat hingga pukul 05.00 WIB.

"Berdasarkan dari pengamatan oleh peneliti ahli utama LAPAN yaitu Prof Dony Kushardono letusan Gunung Anak Krakatau malam hari ini dipantau melalui citra satelit cuaca (visible and infrared) tanggal 10-11 April 2020, nampak mulai pukul 23.10 WIB mengeluarkan debu vulkanik dari letusan yang menyebar ke arah barat hingga pukul 5.00 WIB, di mana sekitar pukul 24.00 nampak muncul semburan debu vulkanik membesar dari letusan besar," jelas keterangan di akun tersebut.

Lebih lanjut, LAPAN menegaskan suara dentuman tersebut kemungkinan bukan dari suara letusan Gunung Anak Krakatau.

"Jadi suara dentuman yang terdengar di Jakarta-Depok yang diisukan terjadi sekitar pukul 2.00 dini hari tadi kemungkinan bukan dari suara letusan Gunung Anak Krakatau," tulis akun tersebut.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMB) menyatakan suara dentuman yang terdengar dini hari ini tidak terkait dengan erupsi Gunung Anak Krakatau. Suara dentuman itu diketahui beberapa kali terdengar dini hari ini.

"Bukan (berasal dari Anak Krakatau), karena letusannya dikategorikan miskin akan gas, lebih bersifat aliran," kata Kepala Bidang Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan, Sabtu (11/4).

Selain itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan suara dentuman dini hari yang terdengar di Jakarta hingga Bogor bukanlah akibat aktivitas tektonik. Kini BMKG masih mencari sumber dentuman misterius itu.

"Masih dicari sumbernya," kata Kepala Bagian Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana kepada wartawan.RED/dtk
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com