Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » » Dampak Keluarga di Surabaya Bawa Pulang Paksa Jenazah COVID Bikin Nakes Trauma

Dampak Keluarga di Surabaya Bawa Pulang Paksa Jenazah COVID Bikin Nakes Trauma

Written By mansyur soupyan sitompul on Selasa, 09 Juni 2020 | 13.53

Surabaya ,dutabangsanews.com- Kenekatan satu keluarga di Pegirian, Surabaya, membawa pulang paksa jenazah positif COVID-19 membuat syok para tenaga medis (Nakes) saat itu. Bahkan hingga kini sejumlah pegawai dan tenaga medis di rumah sakit mengaku masih trauma dengan kejadian yang berlangsung pada Kamis (4/6) lalu itu.
"Kami syok waktu itu. Ya sekuriti kami juga diancam-ancam. Ya kami juga mengerti walau sekuriti kami diancam ya kan tentunya cari selamat," kata Direktur RS Paru dr Diah Retno  saat dikonfirmasi, Selasa (9/6/2020).

"Jadi yang mendapat ancaman petugas sekuriti dan perawat kami yang mau menghalangi (Membawa pulang tanpa protokol COVID-19). Akhinya para perawat kami mundur," tambahnya.

Tak hanya membawa pulang paksa, Diah mengaku saat itu juga mereka turut serta membawa bed rumah sakit untuk membawa jenazah. Bed itu sendiri memang akhirnya dikembalikan usai pihak kepolisian menyuruh mengembalikannya.

"Bed kami juga dibawa. Kami merasa dirugikan karena bagaimanapun bed itu milik kami dan harganya tidak murah. Iya dikembalikan. Itu pun setelah diancam oleh polisi mengembalikan kepada kami," tutur Diah.Menurut Diah, atas kejadian itu sejumlah pegawai dan perawat masih mengalami ketakutan hingga kini. Untuk itu, kini pihaknya telah berkoordinaai dengan polisi untuk meminta penjagaan di rumah sakit.

"Menindaklanjuti kejadian-kejadian brutal tersebut, kami lebih meningkatkan koordinasi kesiapan dukungan aparat keamanan yaitu kami telah sepakat dengan Kapolsek, bahwa akan ditempatkan petugas Polsek untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan," tegasnya.

"Jadi kami akan koordinasikan sebelum kejadian pada pasien-pasien dengan kondisi keluarga yg potensi menimbulkan masalah," tandasnya.

Satu keluarga asal Pegirian, Surabaya, membawa pulang jenazah positif COVID-19 tanpa protokol kesehatan. Mereka tidak ingin jenazah tersebut dimakamkan dengan protokol COVID-19. Mereka berdalih jenazah perempuan berusia 48 tahun itu tidak positif COVID.

Peristiwa yang terjadi, Kamis (4/6/2020) ini membuat Lurah Pegirian Menik Hartawanta turun tangan. Bahkan pihak kelurahan mendapat informasi jika pihak keluarga bersikeras memakamkan jenazah di TPU setempat.

Pihak kelurahan mencoba menemui dan memediasi keluarga tersebut di rumahnya. Setelah diyakinkan, pihak keluarga akhirnya berkenan memakamkan jenazah di pemakaman khusus jenazah COVID-19 yakni di TPU Keputih.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com