Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Bangsa Mengucapkan Selamat Mununaikan Ibdah Puasa 1440 H - 2019 M <<<::::::
Home » , » Tanggulangi Corona, Pangilma TNI dan Kapolri Resmikan Kampung Tangguh Nusantara

Tanggulangi Corona, Pangilma TNI dan Kapolri Resmikan Kampung Tangguh Nusantara

Written By mansyur soupyan sitompul on Kamis, 09 Juli 2020 | 16.46

Jakarta,dutabangsanews.com - Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengunjungi wisata Ketapang Urban Agriculture di Tangerang, Banten. Dalam kesempatan itu, Kapolri dan Panglima meresmikan kampung tangguh nusantara sebagai garda terdepan untuk menangani pandemi virus Corona.
Sebelum meluncurkan kampung tangguh nusantara, acara diawali dengan Panen Raya Nusantara sebagai bentuk sinergitas TNI-Polri untuk memulihkan ekonomi masyarakat di masa Pandemi COVID-19. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, kesediaan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat itu harus tetap terjaga.

"Panen Raya Nusantara menjadi bukti kesungguhan TNI-Polri membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi COVID-19," ujar Hadi dalam keterangan yang diterima, Kamis (9/7/2020).Hadi menjelaskan bahwa Indonesia memiliki keistimewaan karena menjadi sebagai negara maritim. Sehingga memiliki hewan laut yang melimpah sebagai sumber protein tinggi.

"Yang tidak kalah penting sesungguhnya peningkatan konsumsi protein hewani yang bersumber dari ikan oleh masyarakat. Kecukupan gizi, terutama bagi anak-anak kita, akan menghasilkan generasi penerus yang tangguh dan berkualitas," tutur Hadi.

Dalam acara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Jenderal Idham Aziz juga melakukan pertemuan virtual dengan 34 Kepolisian Daerah di seluruh Indonesia. Di tempat lain, kepolisian daerah juga melakukan hal serupa.

Seperti di Majalengka, Polda Jawa Barat melangsungkan panen 8 hektar tanaman padu dan menebar satu ton benih ikan nila, mas, dan lele. Di Kabupaten Sidoarjo, Polda Jawa Timur juga menebar benih ikan bandeng di tambak sebagai langkah swasembada untuk petani lokal Kecamatan Sedati.Sementara, Polda Jawa Tengah memanen ikan nila dan lele kualitas unggul. Di tambak buatan yang dibangun di dekat Markas Komando Kepolisian Air dan Udara itu, Polda Jateng juga memanen komoditas udang.

Sedangkan Kepolisian Daerah Metro Jaya membentuk Program JABAT atau Jabodetabek Hebat, salah satunya di wilayah Tanggerang Selatan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19.Usai melakukan kegiatan itu, Kapolri Jenderal Idham Aziz beserta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meluncurkan program Kampung Tangguh Nusantara secara virtual. Sebanyak 7.024 Kampung Tangguh Nusantara sudah ada hingga saat ini.

Program ini salah satu inovasi melawan COVID-19 berbasis lingkungan di RT/RW. Program ini langsung melibatkan masyarakat secara aktif dalam mencegah penularan virus Corona.

Kegiatan ini juga melibatkan perangkat desa setempat. Selain itu, TNI-Polri juga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. Program Kampung Tangguh Nusantara diharapkan dapat membantu perekonomian dan mendukung ketahanan pangan masyarakat saat pandemi ini.

Program Masyarakat Produktif Wujudkan Ketahanan Pangan merupakan tindak lanjut instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Turut hadir dalam acara ini Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

Hadir pula, Inspektur Jenderal Kementerian Perikanan dan Kelautan Muhammad Yusuf, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriardi, Gubernur Banten Wahidin Halim, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Inspektur Pengawasan Umum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto, Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Ardianto, Kabaintelkam Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit, serta sejumlah tokoh masyarakat lainnya.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com