Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » 64.250 Orang Ikut Ujian SIMAK UI Online, Ada Peserta dari Luar Negeri

64.250 Orang Ikut Ujian SIMAK UI Online, Ada Peserta dari Luar Negeri

Written By mansyur soupyan sitompul on Kamis, 06 Agustus 2020 | 08.18


Jakarta,dutabangsanews.com I Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) kembali dilaksanakan tahun ini. Sebanyak 64.250 peserta mengikuti ujian untuk semua jenjang dan program pendidikan di UI secara online.

SIMAK UI dilaksanakan pada Rabu (5/8/2020) pukul 08.00-15.00 WIB secara online. Tak hanya dari dalam negeri, ada juga peserta dari luar negeri ikut serta dalam SIMAK UI 2020.

"Pada hari ini, sebanyak 64.250 peserta mengikuti SIMAK UI 2020 untuk program pendidikan vokasi dan sarjana. Peserta ujian berasal dari dalam dan luar negeri. Adapun peserta dari luar negeri berasal dari negara Korea Selatan, Qatar, Saudi Arabia, dan Thailand," kata Kepala Humas dan KIP UI Amelita Lusia.

UI membuka 13 program studi vokasi (D3), 64 program studi sarjana reguler, 35 program studi sarjana parallel, dan 16 program studi sarjana kelas internasional. UI menggelar ujian masuk secara online di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) agar peserta dari seluruh wilayah bisa mengikuti seleksi tanpa harus datang ke lokasi ujian.

"Ujian online dilakukan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT), setiap peserta dapat mengikuti tes menggunakan ponsel, tab, laptop, komputer, untuk mengakses laman tes SIMAK UI tersebut. Panitia SIMAK UI juga mengerahkan tim pengawas melalui webcam/kamera smartphone untuk mengawasi berjalannya ujian," ujar Amelita.

"SIMAK UI Gelombang 2 ini menggunakan web browser yang menyimpan cache, sehingga jawaban dari soal yang telah terisi masih tersimpan dan dapat diterima pada saat jaringan kembali stabil," imbuhnya.

Ujian SIMAK UI sebelumnya juga telah dilaksanakan pada Minggu (19/7) untuk S1 kelas internasional, serta ujian S1 paralel dan pascasarjana pada Minggu (26/7). Daya tampung yang tersedia pada SIMAK UI gelombang 2 tahun 2020 sebanyak 2.744 untuk S1 Reguler, 674 untuk S1 Paralel, 392 untuk kelas Internasional, 410 untuk Vokasi (D3), dan 216 untuk S1 Ekstensi/Paralel Lulusan D3.

Materi seleksi SIMAK UI pada Vokasi dan Sarjana adalah Kemampuan Dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) untuk semua jurusan ditambah dengan Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia (Kemampuan IPA) atau Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi (Kemampuan IPS). Sedangkan materi seleksi SIMAK UI Kelas Internasional adalah Mathematics, Biology, Physics, Chemistry (Natural Science) untuk pemilih program studi IPA dan Basic Mathematics, Economics, Indonesian and World History, Geography, Sociology (Social Science) untuk pemilih program studi IPS, di samping syarat TOEFL/IELTS dan wawancara bagi prodi tertentu.

Sedangkan materi seleksi program pascasarjana dan profesi adalah Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris. Hasil SIMAK UI akan diumumkan pada 22 Agustus 2020 mendatang.

"Hasil ujian SIMAK UI 2020 untuk S1 Reguler, S1 Paralel, dan Vokasi akan diumumkan pada 22 Agustus 2020 secara online melalui laman www.penerimaan.ui.ac.id," pungkasnya.RED
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com