Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » » Bertemu dengan Menhan Prancis, Prabowo Bahas Industri Pertahanan Indonesia

Bertemu dengan Menhan Prancis, Prabowo Bahas Industri Pertahanan Indonesia

Written By mansyur soupyan sitompul on Jumat, 23 Oktober 2020 | 06.31

 

Jakarta, dutabangsanews.com I Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto bertemu dengan Menhan Prancis, Florence Parly. Kedua Menhan itu membahas kerja sama, dan perkembangan situasi di kawasan Indo-Pasifik.

Pertemuan keduanya dilakukan di Kantor Kementerian Pertahanan Prancis, Paris, pada Rabu (21/10) waktu setempat. Prancis menaruh perhatian khusus terhadap kawasan Indo- Pasifik, mengingat selain memiliki teritori, sekitar 1.6 juta warganya berada di Kawasan Indo-Pasifik.

Selain soal pembahasan Indo-Pasifik, Prabowo menyebut pertemuan dengan Parly membahas kerjasama pertahanan. Khususnya soal industri pertahanan, dan perkuatan alutsista.

"Saya mencatat kemajuan yang cukup pesat dari kemitraan strategis Indonesia-Prancis di bidang pertahanan dalam setahun ini. Indonesia ingin terus mengembangkan kerja sama dengan Prancis di berbagai sektor pertahanan termasuk dalam memperkuat alutsista TNI dan memajukan kapasitas industri pertahanan Indonesia sebagai bagian dari global production chain produk alutsista," sebut Menhan Prabowo, seperti keterangan dari KBRI Paris.

Seperti diketahui, dalam pertemuan bulan Januari lalu, kedua Menhan sepakat untuk membuat Perjanjian Kerja Sama Bidang Pertahanan (Defense Cooperation Agreement/DCA). Perjanjian tersebut, akan memayungi kerja sama pertahanan secara komprehensif seperti kerja sama bidang pendidikan dan latihan militer, keamanan maritim, pemberantasan terorisme, pengembangan industri pertahanan hingga penguatan kapasitas dalam penanganan bencana seperti pandemi COVID-19 yang saat ini melanda kedua negara.

Dalam kaitan ini, kedua Menhan meminta agar tim perunding dapat segera menyelesaikan DCA, untuk dapat ditanda tangai oleh kedua Menteri pada akhir tahun ini, sebagai bagian dari peringatan HUT 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Pertemuan kedua Menhan yang kedua kalinya tahun ini, menunjukkan semakin intensifnya komunikasi dan kerja sama pertahanan kedua negara.

"Di tengah pandemi COVID-19, yang mengharuskan berbagai kegiatan tertunda, kerja sama Indonesia-Prancis di bidang pertahanan semakin erat, tidak saja terlihat dari intensitas komunikasi kedua Menhan namun juga dengan kegiatan kelompok kerja Strategic Defense Equipment cooperation yang sudah dua kali bertemu tahun ini," ujar Dubes RI untuk Prancis, Arrmanatha Nasir.RED

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com