Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » » Pertanyakan Urgensi Staf Khusus di KPK, ICW: Pemborosan Anggaran

Pertanyakan Urgensi Staf Khusus di KPK, ICW: Pemborosan Anggaran

Written By mansyur soupyan sitompul on Kamis, 19 November 2020 | 09.40

 


Jakarta, dutabangsanews.com I KPK mengubah struktur organisasinya dengan menambah sejumlah posisi, salah satunya staf khusus. Indonesia Corruption Watch (ICW) mempertanyakan urgensi staf khusus di KPK.

"ICW mempertanyakan urgensi dari memasukkan staf khusus dalam kelembagaan KPK," ujar peneliti dari ICW, Kurnia Ramadhana, saat dihubungi Rabu (18/11/2020).

Kurnia menilai saat ini fungsi dari staf khusus telah dimiliki di setiap bidang yang ada di KPK. Karena itulah, menurutnya, adanya staf khusus hanya menimbulkan pemborosan anggaran.

"Sebab jika dilihat dalam Pasal 75 ayat (2) PerKom 7/2020, segala keahlian yang mesti dimiliki oleh staf khusus pada dasarnya sudaj ada di setiap bidang kerja KPK. Jadi, ICW menilai kebijakan ini hanya pemborosan anggaran semata," tuturnya.

Tidak hanya itu, Kurnia mengatakan permasalahan di KPK tidak terletak pada kebutuhan staff khusus. Namun, perlu adanya perbaikan dalam tingkat pimpinan.

"Lagi pula bahwa problematika KPK saat ini bukan pada kebutuhan staf khusus, melainkan perbaikan di level Pimpinan. Sebab seringkali kebijakan yang dihasilkan oleh Pimpinan bernuansa subjektif dan tanpa diikuti dengan rasionalitas yang jelas," kata Kurnia.

"Jadi sekalipun ada staff khusus, akan tetap tindakan maupun pernyataan pimpinan masih seperti saat ini, tidak ada gunanya juga," sambungnya.

Kurnia menuturkan pihaknya mendesak agar Dewan Pengawas mengambil tindakan. Hal ini karena menurutnya keluarnya kebijakan tersebut tidak sesuai dengan penguatan KPK.

"ICW mendesak agar Dewan Pengawas segera bertindak dengan memanggil pimpinan untuk memberikan klarifikasi atas keluarnya PerKom 7/2020 yang benar-benar melenceng jauh dari penguatan KPK," pungkasnya.RED

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com