Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa Mengucapkan Selamat HUT TNI Ke 75 <<<::::::
Home » , » Tebus Dosa, Aliou Cisse Sukses Bawa Senegal Juara Piala Afrika

Tebus Dosa, Aliou Cisse Sukses Bawa Senegal Juara Piala Afrika

Written By mansyur soupyan sitompul on Senin, 07 Februari 2022 | 19.35

 


Yaounde -  Sepanjang sejarah keikutsertaan di Piala Afrika, sudah tiga kali ke final. Namun baru di percobaan ketiga akhirnya skuad Singa Teranga berhasil meraih titel. Di dua final sebelumnya, mereka gagal.

Cisse selalu menjadi bagian dari tiga tim tersebut. Di final edisi 2002, Senegal kalah adu penalti 2-3 dari Kamerun. Cisse, kala itu masih 25 tahun, menjadi penendang terakhir. Sepakannya berhasil ditepis oleh kiper Kamerun, Alioum Boukar.

Cisse, yang pensiun dari sepakbola pada 2009, lalu alih profesi menjadi pelatih. Hampir seluruh karier manajerialnya dihabiskan dengan mengabdi kepada Senegal di berbagai posisi, namun baru ditunjuk menjadi pelatih timnas senior pada 2015.

Senegal berhasil menjadi juara Piala Afrika untuk pertama kalinya usai mengalahkan Mesir di final. Trofi ini juga menjadi 'penebusan dosa' bagi sang pelatih, Aliou Cisse.

Setelah mengantarkan Senegal kembali tampil ke Piala Dunia 2018, ia juga mengantarkan Sadio Mane dkk ke final Piala Afrika 2019. Namun impian menjadi juara pupus di tangan Aljazair, yang menang 1-0.

Baru tiga tahun kemudian, di edisi Piala Afrika 2021, Senegal berhasil menjadi juara. Mesir dikalahkan 4-2 lewat adu penalti. Penantian Cisse dan rakyat Senegal pun tuntas!

"Gelar ini menunjukkan bahwa jika kamu bekerja keras, jika anda tetap bertahan dan tak menyerah, anda akan mendapatkan yang anda mau," jelas Cisse usai laga, seperti dikutip BBC.RED


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com