Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa Mengucapkan Selamat HUT TNI Ke 75 <<<::::::
Home » , » Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Kota Depok Terus Aktif Memberikan Pelatihan Kepada Warga Untuk Mandiri Membangun Ekonomi Warga

Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Kota Depok Terus Aktif Memberikan Pelatihan Kepada Warga Untuk Mandiri Membangun Ekonomi Warga

Written By mansyur soupyan sitompul on Selasa, 08 Maret 2022 | 08.41

 

Kelurahan Rangkapan Jaya Baru-Media Online www.dutabangsanews.com I WABAH pandemi kini memasuki tahun ketiga di negeri ini, dengan adanya wabah ini. Ekonomi negeri ini terpuruk, dampaknya. Banyak ara karyawan di-PHK, di rumahkan, karena perusahaan penghasilannya makin menurun. Di era sulit seperti ini, banyak warga menganggur sehingga sulit bagi mereka untuk bekerja kembali. Di sisi lain, anggota keluarga mereka hari ini, besok dan hari selanjutnya butuh makan, butuh kebutuhan lainnya sebagai manusia hidup. Tentu, kebutuhannya tidak hanya makan, tetapi banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi. Jalan tengah yang harus ditempuh adalah memberdayakan warga dengan UMKM. Diharapkan UMKM mampu menggerakkan ekonomi warga di tengah wabah pandemi saat ini. 

"Dengan banyaknya warga menganggur karena PHK, dirumahkan, tentu menjadi persoalan bagi kami dari aparatur kelurahan, upaya-upaya kami hari ini dan ke depan akan melakukan pelatihan-pelatihan kepada warga yang kena PHK dan dirumahkan tempat kerja mereka, manakala ada warga mempunyai keahlian kita latih sehingga warga tersebut memiliki keahlian. Dengan demikian, diharapkan warga yang memiliki keahlian tersebut bisa lebih mandiri dalam menggapai kebutuhan kehidupan sehari-hari."Demikian kata Lurah Rangkapan Jaya Baru Boni S. Kusumah, SH kepada Wartawan Media Online www.dutabangsanews.com bertempat di Kantor Lurah Rangkapan Jaya Baru Jalan Raya Keadilan Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok Provinsi Jawa Barat. Kemarin Senin 7 Maret 2022.

Peran UMKM dalam hal ini ucap Lurah Rangkapan Jaya Baru Boni S. Kusumah, SH, UMKM selalu monitor warga di kelurahan ini dan UMKM selalu bekerja sama dengan pihak kelurahan, di mana produk-produk mereka sebagai pelaku UMKM kerab diperkenalkan kepada masyarakat luas sehingga pemasaran produk tersebut sampai ke warga dengan membeli produk tersebut, diharapkan peran UMKM di Kelurahan Rangkapan Jaya Baru bisa menggerakkan ekonomi warga. Belum lama ini ada pendataan dari Kodim 0508 Kota Depok, terkait bantuan tambahan modal buat UMKM di kelurahan ini. Karena, hampir rata keluhan para pelaku UMKM di kelurahan ini mereka terhambat tambahan modal untuk pengembangan usaha mereka. Tentu, para pelaku UMKM membutuhkan suntikan dana. 

"Kami dari Kelurahan Rangkapan Jaya Baru sering menggelar pelatihan kepada para pelaku UMKM, agar mereka bisa berjalan sendiri, bisa berusaha sendiri dan mampu menghidupi keluarga mereka, kami setiap tahun kami melakukan pelatihan, tahun 2021 kemarin di kelurahan ini ada latihan menjahid sebanyak 54 orang, jadi. Akan ada, akan muncul tailor-tailor lainnya di Kelurahan Rangkapan Jaya Baru. Di samping itu juga ada pelatihan olahan kue, olahan makanan serta pelatihan lainnya, tapi. Kita prioritaskan mereka masuk dalam Komunitas Peka. Yaitu perempuan kepala keluarga. Komunitas ini adalah perempuan korban perceraian dan suaminya meninggal dunia. Untuk menghidupi anak-anak mereka dan pihak kelurahan memprioritaskan ibu-ibu seperti di atas untuk dilatih dan memiliki keahlian untuk bisa bertahan hidup menghidupi keluarga mereka, tutur Lurah Rangkapan Jaya Baru Boni S. Kusumah, SH. 

Di era wabah pandemi memang sangat membuat kita khawatir, lihat saja banyak warga kena wabah pandemi ini, untuk itu harus isolasi mandiri, tetapi. Kita dikejutkan dengan wabah baru banyak juga warga terpapar okeh wabah baru ini, penyebaran wabah ini begitu cepat. Lihat saja saat mengalami batuk, pilek saat disweb langsung divonis positif. Sebagai aparatur kelurahan tetap menghimbau warga untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan, pihak kelurahan akan membantu warga yang sedang isoman. untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. 

Peran UMKM ucap Lurah Rangkapan Jaya Baru Boni S. Kusumah, dalam menggerakkan ekonomi di kelurahan ini cukup berperan, seperti belum lama ini UMKM Kelurahan Rangkapan Jaya Baru mereka menggelar bazar, tetapi jumlah mereka dibatasi karena ada wabah umikron, tapi. Antusias warga begitu tinggi untuk hadir dan berkunjung ke arena bazar tesebut. Dalam bazar tersebut ada 10 stand, untuk mengenalkan produk-produk UMKM di kelurahan ini, produk lokal asli buatan Warga Kelurahan Rangkapan Jaya Baru. 

Menjelang Bulan Suci Ramadhan ungkap Lurah Rangkapan Jaya Baru Boni S. Kusumah, SH kebutuhan warga pihaknya tetap optimis, stok hingga kini tetep tersedia, bahkan. Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, belum lwma ini melakukan operasi pasar minyak goreng murah kerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Industri Kota Depok, di mana harga minyak goreng murah tersebut di bawah harga pasar untuk warga kurang mampu. 

"Harapan Lurah Rangkapan Jaya Baru," tanya wartawan media ini. 

"Saya berharap wabah pandemi ini segera berakhirberakhir,  sehingga pemilihan ekonomi sedikit demi sedikit berangsur ke arah lebih baik, saya mengharapkan bahwa Warga Kelurahan Rangkapan Jaya Baru ke depan lebih sejahtera, Aamiin," ungkap Lurah Rangkapan Jaya Baru Boni S. Kusumah, SH.  Mansur Soupyan Sitompul.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com