Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Para Pelaku UMKM Di Kelurahan Grogol Kota Depok Mampu Menggerakkan Ekonomi Warga Dengan Memasarkan Produk Mereka Melalui Online Media Sosial

Para Pelaku UMKM Di Kelurahan Grogol Kota Depok Mampu Menggerakkan Ekonomi Warga Dengan Memasarkan Produk Mereka Melalui Online Media Sosial

Written By mansyur soupyan sitompul on Selasa, 15 Maret 2022 | 07.12

 



Kelurahan Grogol Kota Depok-Media Online www.dutabangsanews.com I AKHIR-akhir ini banyak saudara-saudara kita diterpa diberhentikan dari perisahaan tempat bekerja atau PHK, dirumahkam dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan wabah pandemi. Sehingga membuat ekonomi nyaris terpuruk. Tentu, dengan PHK tersebut status warga menganggur. Hal ini akan  menjadi beban bagi keluarga, di mana keluarga butuh kebutuhan tidak hanya makan. Tapi, berbagai kebutuhan primer dan sekunder harus tetap dipenuhi untuk kelangsungan hidup hari ini, besok dan hari selanjutnya. Untuk menjawab permasalahan warga tersebut terkena PHK, jalan tengah yang harus ditempuh adalah membangun UMKM untuk sebuah USA has sebagai solusinya.


"Memang kondisi saat ini sangat memprihatinkan, mau tidak mau, suka tidak suka, wabah pandemi saat ini, berimbas pada sektor, termasuk sektor ekonomi. Termasuk UMKM juga kena imbas wabah pandemi ini, di Kelurahan Grogol Limo Kota Depok, Alhamdulillah. UMKM yang ada di kelurahan ini mereka mandiri, banyak produksi-produksi rumahan tersebar di Kelurahan Grogol. Para pelaku UMKM di sini mereka banyak bergerak di bidang kuliner, olahan makanan dan jenis makanan siap saji, para pelaku UMKM ini mereka terus berinteraksi dengan konsumen, baik di lingkungan mereka tinggal maupun di luar lingkungan melalui jasa online baik melalui media sosial facebook, instragram twitter dan berbagai media sosial lainnya, termasuk toko-toko perbelanjaan online para pelaku UMKM ini telah berinteraksi dalam hal memasarkan produksi-produksi mereka sehingga sampai ke tangan konsumen,"demikian kata Lurah Grogol Danudi Amin, SE bertempat di Kantor Kelurahan Grogol Kecamatan Limo Kota Depok Provinsi Jawa Barat. Kemarin Senin 14 Maret 2022.


Di tengah wabah pandemi saat ini ujar Lurah Grogol Danudi Amin, SE, Pemerintah Kota Depok kerab melarang warganya untuk beraktivitas di luar rumah, jalan yang harus ditempuh para pelaku UMKM adalah mereka mengikuti arahan dan mengikuti himbauan pemerintah tersebut dengan memasarkan hasil produksi mereka malalui media sosial,  pelaku UMKM mereka tetap berada di rumah sembari memasarkan apa yang mereka hasilkan dan mendapat respon dari pembeli di mana pembeli juga tetep stay di rumah, sehingga sama-sama diuntungkan dengan memasarkan produksi-produksi mereka dan kerab mendapat tempat dan respon dari pembeli. Peran dari Kelurahan Grogol senantiasa berupaya untuk meningkatkan kemampuan mereka sebagai pelaku UMKM. Tidak hanya itu, pihak kelurahan juga kerab berkomunikasi bagaimana meningkatkan produksi mereka dalam meningkatkan produksi dengan demikian bertambahnya produksi para pelaku UMKM tentu akan meningkatkan kesejahteraan mereka.


Kelurahan Grogol tutur Danudi Amin, SE, kerab melakukan pelatihan-pelatihan kepada para pelaku UMKM dalam bidang Produk olahan dan sistem kemasan, dengan kemasan yang baik dan indah, para konsumen akan tertarik dan lebih memilih Produk UMKM tersebut. Dengan kemasan yang baik dan indah, tentu akan memiliki daya saint di tengah pasar. Pihak Kelurahan Grogol tetap berkoordinasi dengan Koordinator UMKM kelurahan ini untuk membantu menyiapkan NIB mereka sebagai ijin berusaha. 


Dengan NIB ini, para pelaku UMKM ini mereka bisa lebih pede untuk memasarkan produk mereka ke pasar yang lebih besar. "Menjelang Bulan Suci Ramadhan, kami dari pihak Kelurahan Grogol akan melakukan koordinasi untuk membuat gawean yaitu akan menggelar Bazar UMKM atau pasar tumpah, pasar kaget untuk produk UMKM Kelurahan Grogol, terutama makanan-makanan menjelang berbuka puasa, untuk itu. Kita akan mencari tempat, lokasi yang strategis untuk Bazar UMKM, agar produk mereka buat bisa terjual habis dengan kemasan yang indah dan menarik,"terang Lurah Grogol Danudi Amin, SE.


"Harapan Lurah Grogol," tanya wartawan media online ini."Saya berharap kepada para pelaku UMKM Kelurahan Grogol, tetaplah berusaha, tetaplah berproduksi, terus membangun dan berkoordinasi dengan pihak Kelurahan Grogol, karena bagaimanapun UMKM di kelurahan adalah binaan Kelurahan Grogol, saya berharap kepada para pelaku UMKM ini mereka lebih mandiri, beraktivitas, berproduksi dan para pelaku UMKM ini mereka bisa sukses membangun usaha mereka, membangun masa depan mereka, sehingga kehidupan mereka hari ini, besok dan di masa depan akan lebih baik,"demikian harap Lurah Grogol Danudi Amin, SE sembari mengakhiri keterangan persnya kepada wartawan media online ini. Mansur Soupyan Sitompul. 

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com