Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa Mengucapkan Selamat HUT TNI Ke 75 <<<::::::
Home » , » Para Pelaku UMKM Kelurahan Mampang Kota Depok Tumbuh Dan Berkembang Menjelang Bulan Suci Ramadhan Dan Idul Fitri Memeriahkan Mampang Fair

Para Pelaku UMKM Kelurahan Mampang Kota Depok Tumbuh Dan Berkembang Menjelang Bulan Suci Ramadhan Dan Idul Fitri Memeriahkan Mampang Fair

Written By mansyur soupyan sitompul on Selasa, 15 Maret 2022 | 11.24

 


Kelurahan Mampang Kota Depok-Media Online www.dutabangsanews.com I WABAH pandemi saat ini sudah masuk tahun ketiga. Tapi, tanda-tanda akan hilangnya wabah pandemi ini belum ada tanda-tandanya. Sementara itu, dampak dari wabah pandemi ini rill terlihat. Lihat saja ekonomi hari ini makin merosot, banyak perusahaan malakukan pengurangan karyawan. Sehingga banyak karyawan di PHK, banyak karyawan dirumahkan. Saat ini banyak orang menganggur. Sementara hidup hari ini Dan besok terus berlanjut, kebutuhan sehari-hari seperti makan dan kebutuhan lainnya harus terpenuhi. Solusi yang harus ditempuh adalah masuk UMKM dan membangun usaha untuk bertahan hidup dan membangun masa depan keluarga.

"Warga Mampang saat ini mereka banyak bekerja di sektor formal maupun non formil, banyak juga dari mereka membuka usaha sendiri, usaha rumahan dan usaha lainnya seperti sebagai pedagang, pelaku UMKM dan sesuai dengan keahlian warga tersebut untuk usaha rumahan, ada juga bergerak di bidang ojek online. Yang jelas aktivitas warga tetap ada, tujuannya. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari rumah tangga mereka."Demikian kata Lurah Mampang Darmawansyah, SE kepada Wartawan Media Online www.dutabangsanews.com bertempat di Kantor Kelurahan Mampang Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok Provinsi Jawa Barat. Kemarin Senin 14 Maret 2022.


Pelaku UMKM di Kelurahan Mampang ucap Lurah Mampang Darmawansyah, SE berjumlah 34 UMKM, mereka sebagai pelaku UMKM di kelurahan ini sudah memiliki produk mereka masing-masing,  hingga kini kendati di tengah wabah pandemi saat ini mereka tetap melakukan usaha, tetap berproduksi, tetap memasarkan produk UMKM kendati di tengah pandemi. Karena pelaku UMKM memasarkan produk mereka dengan media sosial yang mereka miliki seperti facebook, IG dan berbagai toko online lainnya. Jadi, para pelaku UMKM nyaris tidak terpengaruh kepada wabah pandemi. Karena, para pelaku UMKM di Kelurahan Mampang memasarkan produk mereka melalui online. 


Pembeli juga malas keluar rumah. Untuk memenuhi kebutuhan makan siang atau makan malam mereka memesan produk kuliner UMKM Kelurahan Mampang. Dengan demikian, terjadi saying membutuhkan UMKM memproduksi makanan kuliner dan pembeli membutuhkan kuliner tersebut. Peran kelurahan kepada UMKM adalah, Kelurahan Mampang membagikan informasi ke UMKM dan pemasaran. Misalnya, akan ada bazar maka pihak kelurahan memberikan info ke UMKM, di sisi lain. Pihak kelurahan juga melakukan pelatihan-pelatihan di bidang pemasaran, sehingga pemasaran produk mereka bisa dirasakan, bisa dinikmati oleh berbagai kalangan konsumen, sehingga mereka para pelaku UMKM mempunyai penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari rumah tangga mereka. Pada tahun 2022 ini akan ada pelatihan untuk UMKM tentu pihak kelurahan akan mengundang mereka.


"Bagaimana UMKM bisa menggerakkan ekonomi warga," tanya wartawan media online ini. "Kembali kepada peran UMKM itu sendiri, kalau UMKM bisa memberikan keterampilan bagi warga lainnya, warga sekitar, tentu. Hal ini lebih baik, lebih bag is untuk pertumbuhan UMKM itu sendiri. Tentu, kelurahan akan mendukung upaya UMKM ini memberikan kesempatan kepada warga lain untuk berbuat, untuk bisa terampil Dan tumbuh sebagai UMKM membangun ekonomi warga hari ini dan esok hari dan hari selanjutnya, tentang pelatihan terhadap UMKM, hal ini disebabkan wabah pandemi, sehingga melihat situation dan kondisi untuk pelatihan tersebut,"tutur Lurah Mampang Darmawansyah, SE.


Menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri terang Lurah Mampang Darmawansyah, SE. Adalah moment yang baik buat UMKM untuk melakukan pengenalan produknya agar lebih diketahui warga. Di Kelurahan Mampang di setiap Bulan Suci Ramadhan ada namanya Mampang Fair, Mampang Fair ini sebaiknya digunakan pelaku UMKM untuk eksis dan mengenalkan, menjual produknya ke tengah warga di Bulan Suci Ramadhan. Seperti makanan bukaan puasa dan berbagai kuliner lainnya untuk memasarkan produk yang mereka produksi untuk dijual ke warga di Arena Mampang Fair. Semoga PPKM di Kota Depok turun terus hingga ke titik nol, sehingga kita leluasa ada dan hadir di Arena Mampang Fair tersebut. 


"Harapan saya UMKM Kelurahan Mampang tetap eksis, tetap ada, tumbuh dan berkembang untuk membangun ekonomi keluarga, sehingga menebar mamfaat buat warga lainnyalainnya,  dengan produk yang mereka hasilkan secara mandiri serta UMKM bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan-pelanggannya.  Tumbuh dan terus berkembang UMKM Kelurahan Mampang,"papar Lurah Mampang Kecamatan Pancoran Mas Darmawansyah, SE sembari mengakhiri keterangan Persnya kepada Wartawan media online ini. Mansur Soupyan Sitompul. 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com