Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa Mengucapkan Selamat HUT TNI Ke 75 <<<::::::
Home » , » Pelaku UMKM Ikan Konsumsi Dan Ikan Hias Ke Depan Akan Menjadi Sentra Serta Icon Kelurahan Duren Mekar Kota Depok Jawa Barat

Pelaku UMKM Ikan Konsumsi Dan Ikan Hias Ke Depan Akan Menjadi Sentra Serta Icon Kelurahan Duren Mekar Kota Depok Jawa Barat

Written By mansyur soupyan sitompul on Kamis, 10 Maret 2022 | 08.50

 


Kelurahan Duren Mekar Kota Depok-Media Online www.dutabangsanews.com I SAAT ini kita memasuki zaman sulit, di mana-mana banyak warga di PHK, dirumahkan, sehingga warga banyak menganggur. Di sisi lain kehidupan terus berjalan, kehidupan terus bergerak. Hari ini, besok dan hari selanjutnya, kita butuh makan, kita butuh kebutuhan lain selain makan. Jalan tengah yang harus dilalui para warga adalah, mereka harus melirik UMKM di kelurahannya, bisa saja. Dengan mempelajari UMKM warga tersebut tertarik dan mau "menceburkan" diri ke UMKM. Kalau sudah tertarik dan masuk UMKM tentu, pelan-pelan ekonomi akan bergerak, kehidupan hari ini dan ke depan lebih terpenuhi kebutuhan keluarga, sehingga peran UMKM jelas rill dirasakan warga dalam berusaha di era wabah pandemi saat ini. 

Lurah Duren Mekar Kecamatan Bojongsari Yadi Supriadi, SE mengatakan, kita saat ini harus bersama-sama membangkitkan ekonomi di wilayah kita masing-masing, mari bahu-membahu membangun ekonomi kita, hingga ekonomi kita tumbuh hingga pelaku usaha di bidang UMKM mereka lebih kreatif lagi dalam membangun usaha mereka. Mereka sebagai pelaku UMKM tersebut seperti UMKM si bidang kuliner, tanaman hias, pembuat roti dan pengelola ikan konsumsi dan ikan hias. Di Kelurahan Duren Mekar saat ini sedang mulai bangkit UMKM di bidang pengelola ikan konsumsi, karena di kelurahan ini banyak warga menekuni ikan konsumsi yang mereka kelola dalam wadah kolam terlihat banyak sepanjang jalan di Kelurahan Duren Mekar, sehingga pemandangan kiri dan kanan banyak kolam ikan hadir menghiasi jalan di sepanjang kelurahan ini, hal ini tentu membuat para pelaku UMKM di bidang ikan konsumsi, bisa dikatakan ekonomi mereka mulai terlihat bangkit kendari di tengah wabah pandemi saat ini. Tidak itu saja beredar kabar gembira bahwa di kelurahan ini sudah terbentuk Komunitas Ikan Hias Kelurahan Duren Mekar. 

"Tentu, hal ini sebuah kabar gembira dan patut kita apresiasi dengan baik, karena diprediksi dengan komunitas ini ekonomi akan bergerak naik, karena akan ada berbagai transaksi di bidang ikan hias dan memiliki multyflayer effeck ekonomi terhadap dampak keberadaan ikan hias tersebut. Saat ini keberadaan para pelaku UMKM di bidang ikan hias sedang membibitkan ikan tersebut, selanjutnya akan terjadi pemasaran ikan-ikan lainnya. Dalam hal pemasaran pelaku UMKM di bidang ikan hias tersebut, mereka lebih cerdas dalam hal memasarkan ikan hias mereka melalui media sosial yang mereka miliki, bahkan. Mereka memasarkankannya melalui e-comerce Lazada, Shoffi, bahkan. Dengan memasarkan melalui e-comerce tersebut, sistem pemasaran mereka pembeli ikan hias tersebut tidak hanya di sekitaran Kota Depok, tapi. Sudah menjangkau di kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Barat."Demikian kata Lurah Duren Mekar Yadi Supriadi, SE didampingi Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan Prima Puspanita, ST kepada Wartawan Media Online www.dutabangsanews.com bertempat di Kelurahan Duren Mekar Kecamatan Bojong Sari  Kota Depok Provinsi Jawa Barat. Kemarin Rabu 9 Maret 2022.

Pihak Kelurahan Duren Mekar tutur Lurah Yadi Supriadi, SE, pihaknya terus mendorong UMKM terus berkarya dalam memenuhi kebutuhan pasar, tidak itu saja. Pihak kelurahan juga kerab melakukan pelatihan-pelatihan kepada UMKM di kelurahan ini, artinya. Para pelaku UMKM di Kelurahan Duren Mekar mereka tidak sendiri dalam mengayuh usaha mereka. Tapi, ada pihak kelurahan selalu ada buat UMKM ketika mereka membutuhkannya. Agenda UMKM di kelurahan ini diadakan setiap satu tahun sekali, tujuannya, agar mereka bisa mandiri, bisa tumbuh dan bangkit dalam berselancar di dunia usaha untuk memenuhi kebutuhan keluarga mereka."Untuk setiap tahun saat akan digelarnya pelatihan UMKM, anggaran tersebut sudah dianggarkan pihak kelurahan, tentu pada saatnya tiba pelaksanaan UMKM tersebut dilaksanakan sesuai dengan jumlah pelaku UMKM dan setiap tahun pula para pelaku UMKM terus berganti sesuai dengan agenda Kelurauan Duren Mekar," ujar Lurah Duren Mekar Yadi Supriadi, SE.

Pernah suatu kali tutur Lurah Duren Mekar Yadi Supriadi, SE pihaknya turun ke warga saat melihat dari dekat Keberadaan pelaku UMKM ikan konsumsi dan ikan hias. Betapa kagetnya pihak kelurahan, karena. Mereka sebagai pelaku UMKM keberadaan mereka sebagai pelaku UMKM sudah banyak mengenalnya di luar daerah lain, selain Depok. Karena, mereka mempunyai pertemanan di media sosial. Pihaknya dari Kelurahan Duren Mekar tidak sejauh itu mengetahuinya, tapi. Itulah yang terjadi dan fakta bahwa ikan hias mereka sudah dikenal dan sudah terkenal di daerah lain, karena mereka sudah sering mengirim ikan hias ini sesuai permintaan konsumen dari daerah lain. Ke depan di Kelurahan Duren Mekar ini akan ada sentra ikan konsumsi dan ikan hias. Bahkan, pihaknya berani menjadikan ikan konsumsi dan ikan hias menjadi icon Kelurahan, apalagi sudah masuk salad kerja tahun mendatang. 

"Harapan Lurah Duren Mekar," tanya wartawan media ini. 

"Kearifan lokal yang ada di Kelurahan Duren Mekar Bojongsari, diharapkan visa menjadi penopang ekonomi keluarga dan diharapkan pelaku UMKM Ikan konsumsi dan Ikan hias bisa mengerakkan ekonomi warga di kelurahan ini,"papar Lurah Duren Mekar Yadi Supriadi, SE bersama Kasie Ekonomi Pembangunan Prima Puspanita, ST sembari mengakhiri ketetangan Persnya kepada wartawan media ini. Mansur Soupyan Sitompul.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com