Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa Mengucapkan Selamat HUT TNI Ke 75 <<<::::::
Home » , » UMKM Garda Terdepan Di Kelurahan Meruyung Limo Kota Depok Eksis Dan Tumbuh Dan Berkembang Terus Memberi Manfaat Bagi Warga

UMKM Garda Terdepan Di Kelurahan Meruyung Limo Kota Depok Eksis Dan Tumbuh Dan Berkembang Terus Memberi Manfaat Bagi Warga

Written By mansyur soupyan sitompul on Rabu, 09 Maret 2022 | 09.24

 


Kelurahan Meruyung Kota Depok-Media Online www.dutabangsanews.com I DAMPAK keberdaan wabah pandemi membuat sendi-sendi kehidupan makin terpuruk, lihat saja. Bagaimana berbagai perusahaan melakukan PHK dan merumahkan karyawannya, di sisi lain. Dengan  di PHK tersebut, tentu banyak warga menganggur, dengan demikian terkendala untuk memberi nafkah kepada keluarga. Di sisi lain, hari ini, besok dan hari selanjutnya keluarga membutuhkan berbagai kebutuhan tentu tidak hanya makan. Hal ini sering terjadi di lingkungan kita, disebabkan oleh wabah pandemi kini memasuki tahun ketiga. Tentu, kita berharap peran UMKM dalam mengantisipasi masalah yang dihadapi warga yang menganggur. 

Bagaimana warga tersebut bisa dan mampu untuk bertahan hidup. 

Menurut pendapat Lurah Meruyung Kecamatan Limo Yuyun Purwana, SKM, PHK adalah sebuah kebijakan perusahaan untuk melakukan PHK kepada karyawaannya, hal ini tentu menyangkut keuangan perusahaan. Bagi Kelurahan Meruyung jangan sampai terjadi peristiwa tahun 2020 banyak warga di PHK, tentu. Yang menjawab permasalahan PHK ini adalah UMKM, artinya. Dengan keberadaan UMKM tentu, bagi warga yang menganggur UMKM bisa diandalkan untuk solusi dalam menggapai kehidupan warga di masa sulit begini. Apalagi hingga saat ini UMKM di Kelurahan Meruyung Limo hingga kini tetap eksis dan tumbuh dan memberikan manfaat bagi warga yang sedang kesulitan ekonomi dan bagi mereka yang korban PHK, menanggur, sepertinya UMKM bisa dan mampu menjawabnya dengan karya nyata. Yang jelas, UMKM bisa menopang ekonomi keluarga, bisa dijadikan sebagai solusi di era sulit saat ini. UMKM di kelurahan ini sepertinya tidak terdampak wabah pandemi ini, karena produk UMKM di Kelurahan Meruyung adalah produk rumahan. Artinya, mereka tidak keluar rumah dan tetap di rumah sembari memproduksi hasil usaha mereka dalam membangun ekonomi keluarga. Di sisi lain, dalam hal pemasaran atau marketing para pelaku UMKM di kelurahan ini mereka melakukan pemasarannya melalui digital atau online media sosial yang mereka miliki. Sehingga, mereka tetap di rumah dan memproduksi hasil usaha mereka juga di rumah. Bahkan untuk dijual ke pembeli atau konsumen juga para pelaku UMKM tetap stay di rumah. Setalah diproduksi lalu dipasarkan melalui media sosial. Pembeli atau konsumen juga mereka enggan atau malas keluar rumah, mereka lebih memilih berdiam diri di rumah dan memesan makanan kuliner melalui telepon seluler mereka. Sehingga dengan begitu, keberadaan UMKM eksis tumbuh dan berkembang di Kelurahan Meruyung Limo. 

"Bisa dikatakan bahwa UMKM di Kelurahan Meruyung menjadi garda terdepan dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga masing-masing, tidak itu saja. Mereka sebagai pelaku UMKM bisa eksis dan berkembang karena sistem pemasarannya jelas tertuju pada konsumen. Artinya, antara produsen dan konsumen saling membutuhkan satu sama lain, kendari keberadaan dan posisi mereka tetap berada di rumah. Sedang jumlah UMKM yang sudah mendaftar di Kelurahan Meruyung sejumlah 38 menuju angka 40. Ia merasa haqqul yakin bahwa jumlah UMKM di Kelurahan ini ke depan akan terus bertambah seiring dengan bahwa konsumen juga lebih sering di rumah dan konsumen kerab memesan makanan Produk UMKM dari rumah mereka. Peran Kelurahan Meruyung terhadap UMKM terus mendorong pelaku usaha UMKM agar terus tumbuh, maju dan berkembang. Kalau UMKM berkembang tentu kehidupan warga di kelurahan ini lebih baik, lebih sejahtera dan mereka mampu memenuhi kebutuhannya."Tutur Lurah Meruyung Limo Yuyun Purwana, SKM. 

Ada sebuah keinginan Lurah Meruyung Limo Yuyun Purwana, SKM bahwa keinginannya tersebut adalah suatu saat ada pojok UMKM dan pusat jajanan di kelurahan ini di suatu tempat. Apakah itu di tempat fasilitas umum atau fasilitas sosial, tentu hal itu sebuah kreatifitas pengurus lingkungan, tujuannya agar UMKM di kelurahan ini tetap tumbuh, eksis dan berkembang. Hingga, bisa menghasilkan pendapatan keluarga, bisa membiayai kebutuhan keluarga, membantu saudara atau kelompok UMKM lainnya.

Menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri, menurut Lurah Meruyung Limo Yuyun Purwana, SKM, pihaknya harus mendata dahulu keberadaan UMKM dengan data terkini, tidak itu saja Lurah Meruyung juga harus diskusi dengan mereka pelaku UMKM bagaimana baiknya mengingat saat ini Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri semakin dekat dan sudah di depan mata. Tujuannya, agar UMKM mengambil peran di bulan suci tersebut. Sehingga UMKM memiliki peran dan memiliki penghasilan di momen-momen bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri. Dengan menggelar grei-grei dan stand-stand UMKM di momen bukan suci ini. 

"Harapan Lurah Meruyung," tanya wartawan media ini. 

"Harapan Lurah Meruyung Limo, bagaimanapun keberadaan UMKM tetap eksis, tumbuh dan berkembang, kendati saat ini kita sedang berada di era wabah pandemi, UMKM tetap ada, tetap berproduksi, tetap memadarkan memasarkan produknya melalui media sosial, sehingga pemasaran terus berlangsung, hingga bisa menghasilkan untuk kebutuhan keluarga dan saya berharap mereka pelaku UMKM tidak hanya memadarkan memasarkan di kelurahan ini, tapi. UMKM bisa memasarkan produk mereka di luar Kelurahan Meruyung," harap Lurah Meruyung Kecamatan Limo Yuyun Purwana, SKM.  Mansur Soupyan Sitimpul.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com