Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa Mengucapkan Selamat HUT TNI Ke 75 <<<::::::
Home » , » Dukungan Warga Mendukung Pelaku UMKM Di Kelurahan Tapos Kota Depok Sebaiknya Dengan Membeli Atau Berbelanja Produk UMKM

Dukungan Warga Mendukung Pelaku UMKM Di Kelurahan Tapos Kota Depok Sebaiknya Dengan Membeli Atau Berbelanja Produk UMKM

Written By mansyur soupyan sitompul on Jumat, 08 April 2022 | 08.35

 




Kelurahan Tapos Kota Depok-Media Online www.dutabangsanews.com I PERAN UMKM terbukti banyak membantu warga dalam memenuhi kebutuhannya, tidak itu saja. Para pelaku UMKM tetap produktif, tetap melakukan aktivitasnya, tetap berjualan memenuhi kebutuhan para pelanggan. Di sisi lain, metode pemasaran yang dilakukan para pelaku UMKM tidak hanya pemasaran dengan konvensional. Tetapi, pemasaran yang dilakukan dengan cara online. Artinya, para pelaku UMKM memasarkan dagangan mereka melalui internet, sehingga jangkauannya lebih jauh, lebih luas. Bagaimana keberadaan UMKM di Kelurahan Tapos.? 

"Saya setuju bahwa UMKM itu sangat berguna, sangat banyak mamfaatnya kepada warga, karena. UMKM mampu meningkatkan taraf ekonomi warga, tidak itu saja, UMKM mampu menekan angka pengangguran di tengah warga, karena UMKM menyesuaikan dagangan mereka sesuai keinginan pasar, di samping itu. Mereka mempunyai inisiatif untuk membuat usaha sendiri dan keuangan mereka juga bersifat mandiri. Tetapi, UMKM juga butuh dukungan semua pihak termasuk dukungan warga agar UMKM tetap hidup terus dan terus hidup,"demikian kata Lurah Tapos Soleh, S. Pd kepada Wartawan Media Online www.dutabangsanews.com bertempat di Kantor Lurah Tapos Kecamatan Tapos Kota Depok Provinsi Jawa Barat. 

Kenapa warga harus mendukung UMKM ucap Lurah Tapos Soleh, S. Pd, sebelum berbelanja ke tempat lain, sebaiknya warga terlebih dahulu berbelanja ke UMKM. Hal itu adalah salah satu dukungan, salah satu dorogan warga kepada UMKM. Namun, Komunitas UMKM di Kelurahan Tapos ini ada tetapi, karena Kepengurusan UMKM di kelurahan ini masih baru, tentu mereka perlu proses untuk terus tumbuh dan berkembang. Yang jelas data-data dan kepengurusan UMKM ada di Kasie Ekbang Kekurahan Tapos, terus memantau keberadaan UMKM di Kelurahan Tapos. Yang jelas, UMKM di Kelurahan Tapos ini mereka bisa hidup, tumbuh dan berkembang dengan usaha mereka dan dari mereka sebagai pelaku UMKM mereka bisa membangun usaha mereka sendiri dan terus berproduksi, terus melakukan aktivitas jualan mereka. 

Pihak Kelurahan Tapos ujar Soleh, S. Pd, kerab menghimbau warga agar mereka sebaiknya melirik UMKM di Kelurahan Tapos ini, artinya. Sebelum mereka, warga berbelanja di tempat lain, sebaiknya warga tersebut berbelanja dan melirik UMKM agar produk yang mereka hasilkan bisa laku dan warga juga bisa meraih produk dari UMKM di kampung sendiri. Tentu, dukungan-dukungan seperti ini sangat dibutuhkan UMKM, siapa yang akan membesarkan UMKM di kampung sendiri kalau tidak warga sendiri. UMKM di Kelurahan Tapos ini banyak fariannya, mulai dari menjual pakaian, barang dan kuliner dari berbagai jenis farian  makanan yang menggugah selera. Para pelaku UMKM juga mereka sadar dalam hal kebersihan dan kesehatan. Tentu, para pelaku UMKM mereka mengedepankan kebersihan dan kesehatan, sehingga warga yang membeli, mengkonsumsi dagangan kuliner mereka akan tetap membelinya karena merasa bersih, sehat dan nikmat. 

Harus diingat tutur Lurah Tapos Soleh, S. Pd, para pelaku UMKM tidak hanya UMKM di bidang kuliner saja. Pihak Kelurahan Tapos setiap tahun melakukan pelatihan ke warga yang ingin terjun dan menggeluti UMKM seperti fashion, menjahit, membuat kue, membuat berbagai kerajinan. Artinya kelurahan mendukung, mendorong warga yang ingin menggeluti UMKM agar mereka bisa membangun ekonomi dan menghidupi anggota keluarga mereka di rumah. Para pelaku UMKM di bidang kuliner juga didukung, didorong kelurahan bagaimana sistem pemasaran, menjaga mutu, tetap bersih dan tetap enak ketika pelanggan membeli dagangan mereka. Tidak itu saja, membatik juga kerab dilakukan pihak kelurahan untuk mendorong warga terjun sebagai pelaku UMKM. 

Dengan adanya keahlian warga di bidang membatik hal ini juga akan menjadi harapan warga dalam beraktivitas dan yang jelas UMKM ini mampu menekan angka pengangguran di satu kelurahan. Tentang pelatihan-pelatihan untuk para pelaku UMKM tentu anggarannya berasal dari APBD Kota Depok. 

 Hingga kini papar Lurah Tapos Soleh, S. Pd, sinergitas antara pihak kekurahan dan para pelaku UMKM tergabung dalam komunitas di Kelurahan Tapos ini berjalan dengan baik. Komunikasi terus terbangun dan visi, misi juga terus seiring untuk memajukan UMKM di Kelurahan Tapos. Harapan Lurah Tapos, semakin banyak para pelaku UMKM di Kelurahan Tapos, tentu semakin baik dan mereka akan semakin tumbuh, berkembang untuk melakukan aktivitas keseharian mereka dalam membangun ekonomi keluarga dan membangun lapangan kerja tentunya. Mansur Soupyan Sitompul.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com