Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Anggaran Pemilu 2024 Disepakati Rp 76 T

Anggaran Pemilu 2024 Disepakati Rp 76 T

Written By mansyur soupyan sitompul on Rabu, 18 Mei 2022 | 20.35

  

Jakarta, dutabangsanews.com I -  "Peningkatan anggaran pemilu merupakan sesuatu yang wajar. Selain kita belum sepenuhnya terbebas dari pandemi, juga ada penyesuaian honorarium petugas KPPS yang perlu dilakukan sebagai penghargaan atas beban kerja mereka yang sangat berat. Selain itu juga ada banyak dorongan untuk membuat pemilu menjadi lebih mudah dan sederhana, yang ternyata upaya inovasi menuju ke arah itu membutuhkan pula sokongan dana yang tidak sedikit," kata anggota Dewan Pembina Perludem Titi Anggraini.

Titi menyebut wajar ketika akhirnya anggaran tersebut disoroti banyak pihak lantaran dirasa sangat besar. Tapi, dia mengingatkan Pemilu memang harus dibiayai dengan anggaran layak demi terciptanya penyelenggaraan yang berkualitas.

"Memang ada banyak komentar publik yang menyoroti kenaikan anggaran pemilu 2024 yang dirasa sangat besar, tanpa mengetahui alokasi dan distribusi dari anggaran tersebut. Pemilu memang harus dibiayai dengan anggaran yang layak dan memadai agar penyelenggaraannya bisa berkualitas sesuai harapan," ucap dia.

Atas dasar itu lah, Titi lantas mendesak agar penyelenggara pemilu lebih terbuka ke masyarakat terkait penggunaan dana pemilu tersebut. Sehingga, publik bisa teryakinkan anggaran tersebut digunakan secara kredibel oleh KPU.

"Namun dana publik yang digunakan tersebut juga perlu dikelola secara terbuka, transparan dan akuntabel. Selama ini publik belum terjelaskan dengan baik soal peruntukan anggaran dan juga relevansinya, sehingga sorotannya lebih pada jumlah anggaran yang besar. Oleh karena itu sikap lebih terbuka dari KPU juga sangat diperlukan sehingga publik bisa teryakinkan bahwa anggaran pemilu telah dialokasikan secara efektif dan efisien," jelas dia.RED

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com