Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » » Gubernur Sumbar Usul Masakan Padang Disertifikasi

Gubernur Sumbar Usul Masakan Padang Disertifikasi

Written By mansyur soupyan sitompul on Sabtu, 11 Juni 2022 | 13.47

 

Jakarta, dutabangsanews.com I Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi. Hal ini merespons soal adanya pedagang nasi Padang babi di Kelapa Gading, Jakarta Utara. "Ke depan harus ada sertifikasi oleh IKM, mana yang asli Padang, mana yang bukan. Nanti ada stikernya," kata Mahyeldi dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/6/2022).

Mahyeldi menegaskan tidak boleh lagi ada masakan Padang yang nonhalal. Dengan itu, dia meminta IKM mengecek restoran nasi Padang babi tersebut sudah memiliki izin pemerintah setempat atau belum.

"Pada intinya tidak boleh lagi ada masakan Padang yang nonhalal. Kita harus pastikan masakan Padang itu semuanya halal dan dapat dikonsumsi oleh muslim," katanya.

Tak hanya itu, Mahyeldi juga menilai restoran yang menjual masakan Padang dengan babi itu telah bertentangan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK). Dia menegaskan makanan khas Padang dipastikan halal.

"Harusnya ini tak boleh terjadi, karena masakan Padang, atau masakan Minang itu identik dengan makanan halal sesuai dengan falsafah dan adatnya yang berlandaskan Islam dan ABS-SBK. Seluruh masakan pakai nama Padang itu adalah makanan halal. Itu sudah jelas," tegas Mahyeldi.

"Makanya harus dicek lagi, apakah ada izinnya, kenapa pakai nama Padang, apakah orang Padang atau tidak," lanjutnya.RED
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com