Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , , » Kepala Sekolah SDN Cipayung 2 Titin Supriyatin, M. Pd : Kepada Anak-anak Kelas 6 SDN Cipayung 2 Kota Depok Tetaplah Menjadi Anak Yang Baik Karena Segala Sesuatu Diawali Dilakukan Dengan Kebaikan Insha Allah Sukses Dunia Dan Akhirat

Kepala Sekolah SDN Cipayung 2 Titin Supriyatin, M. Pd : Kepada Anak-anak Kelas 6 SDN Cipayung 2 Kota Depok Tetaplah Menjadi Anak Yang Baik Karena Segala Sesuatu Diawali Dilakukan Dengan Kebaikan Insha Allah Sukses Dunia Dan Akhirat

Written By mansyur soupyan sitompul on Senin, 04 Juli 2022 | 08.07

 


Kelurahan Cipayung Kota Depok-Media Online www.dutabangsanews.com I PELEPASAN Siswa-siswi kelas 6 SD negeri, SD swasta, MTS dan pendidikan pondok pesantren sudah berlalu, kendati demikian. Siswa-siswi tersebut akan melangkahkan kaki, akan melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang sekolah lebih tinggi yaitu SMP negeri, SMP swasta, pendidikan pondok pesantren. Tentu, saat pelepasan Siswa-siswi kelas 6 tersebut, di antara mereka ada yang gembira, sedih. Gembira karena akan melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang pendidikan lebih tinggi, sedih. Karena mereka akan meninggalkan sekolah, meninggalkan kepala sekolah dan para guru, wali kelas mereka, karena selama enam tahun mereka dididik, digembleng berbagai jenis ilmu pengetahuan, pendidikan karakter, budi pekerti dan sopan-santun saat di mana mereka berada. 

Kepala Sekolah SDN Cipayung 2 Titin Supriyatin, M. Pd mengatakan, Alhamdulillah, pelepasan Siswa-siswi SDN Depok 6 sudah berlangsung, sudah diadakan dengan baik dan sukses. Hal ini adalah sebuah kolaborasi antara pihak sekolah, komite sekolah dan kontribusi orang tua dan wali murid. Terkait dengan kendala saat pelepasan Siswa-siswi kelas 6 nyaris tidak ada kendala, hal ini adalah bagian dari program sekolah yang setiap tahunnya digelar pada saat Siswa-siswi kelas 6 akan lulus lalu dibuat agenda pelepasan bagi mereka. 

"Pembekalan kepada para Siswa-siswi dimulai dari sisi kognitifnya terlebih dahulu, Guru-guru SDN Cipayung 2 sudah membekali para Siswa-siswi kelas 6 dengan kurikulum yang saat ini sedang diterapkan, di sisi lain. Dalam hal pendekatan pihak sekolah kepada para Siswa-siswi kelas 6 yang dilakukan para wali kelas masing-masing adalah pendekatan lebih humanis dan pendekatannya lebih kepada pendekatan kepribadian, guru wali kelas 6 lebih banyak ngobrol kepada mereka, lebih menyentuh hati mereka, sehingga anak-anak lebih dekat dengan wali kelas mereka, dengan demikian spirit dan semangat mereka untuk belajar lebih giat lagi,"demikian kata Kepala Sekolah SDN Cipayung 2 Titin Supriyatin, M. Pd kepada Wartawan Media Online www.dutabangsanews.com bertempat di SDN Cipayung 2 Kelurahan Cipayung Kota Depok Provinsi Jawa Barat. 

Apalagi selama wabah pandemi ini selama dua tajun ujar Kepala Sekolah SDN Cipayung 2 Titin Supriyatin, M. Pd, saat belajar selama ini adalah melalui pembelajaran jarak jauh atau PJJ atau online. Tentu, sistem belajar seperti ini nyaris tidak epektif, tidak memuaskan para Siswa-siswi kelas 6, untuk itu pihak sekolah melakukan belajar tambahan khusus untuk anak-anak kelas 6 agar mereka tetap fokus dalam belajar dan pada saat ujian kelulusan mereka bisa menjawab berbagai pertanyaan. Jadi materi-materi yang dipelajari tidak terlalu jauh saat ujian kelukusan digelar. Bahkan, saat ada kesempatan pembelajaran tatap muka atsu PTM, hal itu adalah kesempatan atau momen untuk menambah cakrawala berpikir anak-anak dalam hal menambah ilmu pengetahuan mereka.   

Dikatakan Kepala Sekolah SDN Cipayung 2 Titin Supriyatin, M. Pd, pendidikan karakter bagi Siswa-siswi kelas 6 dipandu guru agama dan pada saat acara pelepasan mereka anak-anak kelas 6 diberikan motivasi, bagaimana kelak saat mereka di sekokah lebih tinggi, bagaimana harus bersikap dan bagaimana harus bersikap. 

Untuk memasuki SMP Negeri 9 di mana, SDN Cipayung 2 dekat dengan SMP 9. Tetapi, tidak semua anak-anak kelas 6 SDN Cipayung rumah mereka dekat SDN Cipayung 2. Titik koordinatnya bisa saja jauh atau tidak terjangkau. Kalau dengan sistem zona rumah para Siswa-siswi kelas 6 dekat dengan SMP 9 tentu ada harapan untuk diterima di SMP 9. Tetapi, ketika tidak bisa diterima atau tidak menembus SMP Negeri 9  bisa melakukan alternatif lain untuk menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah lain. 

"Pesan moral kepada Anak-anak kelas 6 SDN Cipayung 2,"tanya wartawan Media Online ini. 

"Kepada Anak-anak kelas 6 SDN Cipayung 2, tetaplah menjadi anak yang baik, karena segala sesuatu itu diawali dilakukan dengan kebaikan Insha Allah akan sukses di dunia dan di akhirat,"ungkap Kepala Sekolah SDN Cipayung 2 Titin Supriyatin, M. Pd. Mansur Soupyan Sitompul.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com