Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa Mengucapkan Selamat HUT TNI Ke 75 <<<::::::
Home » , , » Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo Meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara

Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo Meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara

Written By mansyur soupyan sitompul on Jumat, 20 Januari 2023 | 11.51

Kabupaten Minahasa Utara-Media Online www.dutabangsanews.com I PRESIDEN Republik Indonesia Ir. Joko Widodo (Jokowi)   Kamis 19/1/2023 didampingi Menteri PUPR Dr. Ir. Basuki Hadimuljono, Sekertaris Kabinet Dr. Ir. Pramono Anung Wibowo, MM, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE, Anggota DPR RI Komisi V Djenri Alting Keintjem, SH., MH dan Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, SE., MAP meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan berada di Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara. 

"Dengan mengucapkan, Bismillahhirahmanirahim,pada pagi hari ini, saya meresmikan bendungan Kuwil Kawangkoan, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara." Ucap Jokowi.

Kemudian dikatakan  Jokowi, Bendungan Kuwil Kawangkoan dibangun sejak tahun 2016 artinya sudah 5,5 tahun dibangun dengan anggaran 1,9 triliun rupiah dan memiliki kapasitas tampung sebesar 26 juta  meter kubik dengan luas kolam 157 hektare. 

"Bahwa Bendungan Kuwil Kawangkoan ini, pertama dapat mengatasi banjir khususnya di Manado, sebab saya ingat pada tahun 2014 kota manado pernah banjir bandang ,. kedua, persediaan air baku untuk Manado, Minahasa Utara  dan Bitung. Selain itu,  manfaat dari Bendungan Kuwil Kawangkoan  untuk mengairi lahan pertanian karena letaknya berada di atas Kota Manado." Jelas Jokowi. 

sembari menambahkan bahwa keberadaan Bendungan Kuwil Kawangkoan ini, bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga mikro hidro, mampu  menghasilkan dua kali  0,70 Megawat," ujar Jokowi. 

Terpantau dalam peresmian Bendungan Kuwil Kawangkoan, Jokowi memberikan pertanyaan kepada anak-anak sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMS) dengan hadiah berupa sepeda. Untuk diketahui bahwa pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan dikerjakan oleh penyedia jasa yang memiliki integritas dalam pelaksanaan pengadaan barang jasa di antaranya  untuk pekerjaan pertama PT. Wijaya Karya (Persero), Tbk- DMT (KSO), paket kedua di kerjakan oleh PT. Nindia Karya (Persero) Tbk dan paket ketiga di kerjakan oleh  PT. Wijaya Karya-   PT. Nindia Karya (KSO). 

Sementara itu Ramon Wowor, Tokoh Masyarakat Kabupaten Minahasa Utara  kesehariannya dikenal sebagai Wartawan Senior  memaparkan, sangat mengapresiasi adanya kunjungan kerja (kunker) Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo (Jokowi) ke Provinsi Sulawesi Utara untuk meresmikan  beberapa mega proyek, yang telah tuntas di antaranya Bendungan Kuwil Kawangkoan yang berada di Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. 

Tentu dengan kunker dari Jokowi bersama rombongan berdampak positif untuk kebangkitan ekonomi masyarakat dan pembangunan infrastruktur di Sulawesi Utara. Selain itu wujud dari kunker  ini sebagai  bukti nyata sinergitas Pemerintah Pusat dan Pemerintah  Sulawesi Utara. Di sisi lain kunker dari Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo bersama rombongan, peran yang sangat besar dari Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE terhadap kemajuan Sulut.

"Kepeduliannya membuat daerah Sulut ini semakin hebat dan sejahtera. Pantas dijuluki sebagai  gubernur pembangunan infrastruktur. Jika kedepan  maju sebagai Anggota DPR RI, seluruh lapisan masyarakat Sulawesi Utara pasti mendukung." Kata Ramon Wowor menutup perbincangan dengan wartawan media ini.Johanis Kahingide.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com