Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » Jenry Wongkar : BPJN Sulut Bekerja Sesuai Tupoksi

Jenry Wongkar : BPJN Sulut Bekerja Sesuai Tupoksi

Written By mansyur soupyan sitompul on Kamis, 20 April 2023 | 03.34

 

Kabupaten Minahasa Utara-Media Online www.dutabangsanews.com I BERDASARKAN penelusuran wartawan media online ini, tugas Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian PUPR sangat mulia, walau sesungguhnya sangat berat sekali yakni mewujudkan infrastruktur dengan kondisi yang mantap. Namun di sisi lain ASN yang bertugas di Kementerian PUPR sering menjadi sorotan masyarakat terkait dengan proyek-proyek yang mengeluarkan anggaran yang sangat fantastis, namun untuk menjawab sorotan masyarakat ASN  bertugas di Kementerian PUPR, mendongkrak gairah kerja, dengan etos kerja yang kreatif dan inovatif untuk mencapai suatu keberhasilan  sesuai motto  Kementerian PUPR   bekerja keras, bergerak cepat dan bertindak tepat.

Sementara itu Kepala BPJN Sulut Hendro Satrio Muhammad Kamaludin, ST., MT melalui Kasubag TU BPJN Sulut Jenry Wongkar ketika ditemui sejumlah wartawan Senin 17/4/2023  bertempat di ruang kerjanya menuturkan, untuk Tupoksi BPJN Sulut melaksanakan perencanaan, pengadaan pembangunan dan preservasi jalan dan jembatan serta sistem manajemen mutu, pelaksanaan pekerjaan, penyedia dan pengujian bahan dan peralatan serta keselamatan laik fungsi jalan sesuai dengan ketentuan perundangan - undangan.

Kemudian untuk proses lelang proyek bukan kewenangan dari BPJN Sulut. Tetapi  kewenangan dari Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK).  

Oleh karena itu BPJN Sulut dan BP2JK  memiliki tupoksinya masing- masing sesuai yang di amanatkan oleh Permen PUPR, namun dalam proses lelang proyek BP2JK, secara efektif, efisien, transparan, berkualitas dan akuntabel, di sisi lain  proses tender proyek berjalan sesuai mekanisme dan tidak ada intervensi dari siapapun.

Ditanya oleh sejumlah wartawan tentang pekerjaan terowongan yang berada di ruas Jalan Ring Road Manado, menurut Kasubag TU BPJN Sulut Jenry Wongkar, untuk  penggantian terowongan di  ruas jalan ring road Manado telah diusulkan ke Kementerian PUPR.

Kemudian terowongan tersebut akan dibongkar, pada bagian atasnya akan dibangun jembatan yang akan menghubungkan jalan yang putus akibat terowongan dibongkar .

Selanjutnya pembebasan lahan untuk penggantian terowongan di ruas Jalan Ring Road Manado bukan kewenangan BPJN Sulut.  Tetapi kewenangan dari Pemerintah Kota Manado dan proses lahan sudah di bebaskan. Pasalnya BPJN Sulut hanya mengerjakan fisik atau  kontruksi.

"Tidak ada pagu anggaran yang tertata untuk pembebasan lahan," kata Kasubag TU BPJN Sulut Jenry Wongkar kepada   sejumlah wartawan. 

Ketika disinggung  beberapa wartawan tentang pekerjaan Jembatan Ammat di Kabupaten Kepulauan Talaud, menurut  Kasubag TU BPJN Sulut Jenry Wongkar untuk  saat ini dalam proses penyelesaian atau finishing. Mungkin dalam bulan berjalan ini  sudah tuntas, pasalnya penyebab dari keterlambatan karena faktor alam, karena  tiang pancang untuk Jembatan Ammat tersebut harus didatangkan dari Surabaya, kemudian material yang lain di datangkan dari Manado dan Bitung.


Sehingga harus menggunakan transportasi laut. Di sisi lain cuaca menjelang akhir Desember 2022 yang baru lalu sangat ekstrim. Apalagi lokasi pekerjaan Jembatan Ammat ini berada di Wilayah Perbatasan NKRI dengan Philipina. Namun Satker PJN Wilayah 3 Sulut melalui Pejabat Pembuat Komitmen terus berupaya dan mendorong agar pihak penyedia jasa menyelesaikan pekerjaan jembatan ammat. 

Selain itu dengan keterlambatan pekerjaan jembatan ammat ini, maka  pihak penyedia jasa siap menerima sanksi berupa denda. Di sisi lain integritas penyedia jasa telah teruji dalam pekerjaan jembatan. Kemudian untuk pelaksanaan pekerjaan  pengawasannya sangat ketat.

"Intinya harus sesuai spesifikasi yang tercantum dalam perjanjian kontrak." Terang Kasubag TU BPJN Sulut Jenry Wongkar. Diakhir percakapan dengan sejumlah awak media. Kasubag Tu Jenry Wongkar menjelaskan  Kepala BPJN Sulut Hendro Satrio Muhammad Kamaludin, ST., MT bersama Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE sangat konsisten dan perhatian dengan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Provinsi Sulawesi Utara sebagai bukti adanya jalan tol, Manado-Bitung sepanjang 39,9 kilometer.

Kemudian keberhasilan lainnya pembangunan jembatan permanen tersebar di Provinsi Sulawesi Utara, selain itu infrastruktur jalan dalam rangka mendorong sektor pariwisata, tetapi juga sebagai penggerak ekonomi masyarakat di Sulawesi Utara." Tandas Kasubag TU BPJN Sulut Jenry Wongkar menutup perbincangan dengan sejumlah wartawan media online di ruang kerjanya. Johanis Kahingide-Steven Luas. 

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com