Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » 4 Arahan Jokowi soal Tangani Bencana, Salah Satunya Tak Boleh Ego Sektoral

4 Arahan Jokowi soal Tangani Bencana, Salah Satunya Tak Boleh Ego Sektoral

Written By mansyur soupyan sitompul on Rabu, 03 Maret 2021 | 16.39

 

Jakarta, dutabangsanews.com I Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi sejumlah arahan dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021. Arahan pertama, Jokowi meminta seluruh jajarannya tak hanya sibuk membuat aturan terkait penanganan bencana.

"Saya ingin menegaskan beberapa hal, pertama, jangan kita disibukkan, jangan sibuk membuat aturan, tapi yang utama adalah pelaksanaan di lapangan. Karena itu yang dilihat oleh masyarakat, dilihat oleh rakyat. Yang utama adalah aspek pengendaliannya dan penegakan standar-standar di lapangan. Misalnya, ini urusan berkaitan dengan gempa, standar bangunan tahan gempa, fasilitas umum dan fasilitas sosial," tutur Jokowi dalam video disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (3/3/2021).

Jokowi meminta agar diutamakan pelaksanaan penanganan bencana di lapangan. Pelaksanaan itu, kata dia, juga harus dikawal dan diaudit.

"Hal seperti ini harus dikawal dalam pelaksanaannya. Harus diikuti dengan audit ketahanan bangunan agar betul-betul sesuai standar. Sehingga kalau terjadi lagi bencana di lokasi itu, di daerah itu, di provinsi itu, korban yang ada bisa diminimalisir dan segera melakukan koreksi dan penguatan apabila tidak sesuai dengan standar-standar yang ada. Dicek dikoreksi lagi," kata dia.

Arahan kedua, kebijakan untuk mengurangi risiko bencana harus benar-benar terintegrasi. Jokowi menekankan tidak boleh ada ego sektoral dalam penanganan bencana.

"Apa yang dilakukan di hulu, apa yang dilakukan di tengah, apa yang dilakukan di hilir betul-betul dilihat betul. Tidak ada tidak boleh ada ego sektoral, tidak boleh ada ego daerah. semuanya terintegrasi, benar-benar terintegrasi. Semuanya saling mengisi, semuanya saling menutup. Tidak boleh ada yang merasa kalau ini bukan tugasnya, bukan tugas saya, bukan urusan saya. Hati-hati ini bencana. Berbeda dengan hal-hal yang normal," papar Jokowi.RED

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com