Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa Mengucapkan Selamat HUT TNI Ke 75 <<<::::::
Home » , , » Yayasan Perguruan Madrasah Islamiyah Kotapinang Perkenalkan Sistem Demokrasi Ke Para Siswa MTs

Yayasan Perguruan Madrasah Islamiyah Kotapinang Perkenalkan Sistem Demokrasi Ke Para Siswa MTs

Written By mansyur soupyan sitompul on Rabu, 18 Januari 2023 | 12.01

Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan-Media Online www.dutabangsanews.com I YAYASAN Perguruan Madrasah Islamiyah Kotapinang salah satu sekolahnya yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTs), mengadakan sebuah terobosan baru, yakni belajar berdemokrasi.

Pada hari Senin tanggal 16 Januari 2023 lalu, MTs ini mengadakan pemilihan Ketua OSIS di lingkungan sekolah.Tidak seperti biasanya yang kalau pemilihan Ketua OSIS hanya diwakili 3 orang saja dari tiap-tiap kelas, yaitu ketua kelas, sekretaris dan bendahara saja, kali ini acara pemilihan Ketua OSIS melibatkan seluruh siswa-siswi di sekolah ini. 

Caranya dibuat seperti pemilihan umum yang biasa masyarakat lakukan ketika Pemilu. Pakai kandidat, kertas suara dan kotak suara, juga ada PPKO (Panitia Pemilihan Ketua OSIS) yang diketuai oleh Ketua OSIS lama, sementara itu pembimbing pelaksanaan acara ini adalah Kepala Madrasah Lely Mey Murni, SP,   Pembantu Kepala Madrasah II (PKM  II) Almuniroh Hasibuan, S. Ag dan tenaga administrasi Ahmad Siregar. 

Persis seperti Pemilu lima tahunan, para siswa- siswi dibimbing dan diarahkan untuk mencoblos dan memasukkan ke kotak yang sudah disediakan.

Ketika kepala madrasah ditanyakan kenapa pemilihan Ketua OSIS kali ini berbeda, Lely Mey Murni, SP mengatakan, bahwa pelaksanaan pemilihan ini adalah untuk mengajarkan kepada para siswa siswi bagaimana salah satu cara berdemokrasi.

"Kita coba mengenalkan kepada siswa siswi MTs bagaimana berdemokrasi dengan cara langsung, jujur dan adil untuk bekal mereka esok ketika mereka sudah menjadi pemilih diacara pesta demokrasi negara kita" demikian kata Kepala Madrasah Lely Mey Murni, SP kepada Wartawan Media Online www.dutabangsanews.com bertempat di MTS Islamiyah Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara. 

Dalam pelaksanaan penusukan kertas suara di bilik penusukan, agar tidak mengganggu proses belajar mengajar maka diadakan masing-masing perkelas, tidak sekaligus, setelah satu kelas selesai maka baru dilanjutkan kembali kelas yang lain, kelas yang sudah melaksanakan kembali kekelas dan melanjutkan pelajaran, begitu seterusnya sampai selesai. 

Di MTs Yayasan Madrasah Islamiyah Kotapinang ini ada sejumlah 621 siswa siswi. Pelaksanaan pemilihan ini ternyata sangat disambut baik oleh para siswa-siswi dan pelaksanaannya juga berjalan dengan sangat baik dan tertib. Chales Nasution.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com