Headlines News :
::::::>>> www.DutaBangsaNews.com Membangun Kinerja Anak Bangsa <<<::::::
Home » , » BPJN Sulut Bergerak Cepat Penanganan Dan Perbaikan iinfrastruktur Jalan Nasional Rusak

BPJN Sulut Bergerak Cepat Penanganan Dan Perbaikan iinfrastruktur Jalan Nasional Rusak

Written By mansyur soupyan sitompul on Rabu, 22 Maret 2023 | 18.40

 

Minahasa Utara-Media Online www.dutabangsanews.com I BERDASARKAN penelusuran wartawan media online ini, ketika melakukan perjalanan Jurnalistik memantau sejumlah infrastruktur jalan nasional di Sulawesi Utara, fakta di lapangan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulut Dipimpin Hendro Satrio Muhammad Kamaludin, ST., MT sesuai dengan motto Kementerian PUPR  bekerja keras, bergerak cepat, bertindak tepat untuk melakukan penanganan dan perbaikan infrastruktur jalan nasional yang rusak dan tertimbun longsor akibat bencana alam pada pekan lalu 27 Januari 2023.


Sementara itu Kepala BPJN Sulut Hendro Satrio Muhammad Kamaludin, ST., MT melalui Kepala Sub Bagian Umum dan Tata Usaha (KTU) BPJN Sulut Jenry Wongkar saat ditemui wartawan media online ini di ruang kerjanya Senin 20/3/2023 memaparkan, pihaknya sudah mendata kerusakan - kerusakan jalan dan jembatan akibat bencana pada pekan lalu 27 Januari 2023. Kemudian sudah dilaporkan ke Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Bina Marga, agar diberikan anggaran untuk penanganan dan perbaikan.


"Namun demikian semuanya dengan status sudah di kerjakan hingga tuntas. Intinya agar pengguna jalan bisa aman dan nyaman untuk memobilisasi barang dan jasa, di sisi lain. Bahwa infrastruktur jalan merupakan bagian prasarana transportasi mempunyai peran penting dalam bidang  ekonomi masyarakat."  Kata Kepala Sub Bagian umum dan Tata Usaha (KTU) BPJN Sulut Jenry Wongkar.


Kata Kepala Sub Bagian umum dan Tata Usaha (KTU) BPJN Sulut Jenry Wongkar sembari menambahkan, untuk pekerjaan preservasi ruas jalan nasional di Kabupaten Kepulauan Sangihe, pemenang kontraknya sudah ada  dan papan proyek sudah dipasang. Kemudian lingkup pekerjaan pemeliharaan jalan untuk penanganan long segmen. Selanjutnya untuk paket pekerjaan multi year contrak tahun 2023/2024 untuk ruas Jalan Wori -Likupang -Girian -Monginsidi Bitung sementara dalam pelaksanaan pekerjaan.

Kemudian khusus untuk ruas jalan diseputaran tambang MSM, rusak akibat longsor menjadi tanggung jawab dari perusahaan tambang tersebut. Selain itu, untuk ruas jalan ke Bandara Bung Karno Sitaro,  diajukan Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen dalam bentuk proposal ke Kementerian PUPR, untuk saat ini sementara berproses. 


Perlu diketahui, bahwa kerusakan jalan terjadi begitu cepat, pasalnya. Dengan kondisi tonase muatan yang setiap hari over loading, wajar saja jalan nasional sebagian besar rusak, karena beban yang di pikul  melebihi kapasitas struktur jalan. Oleh sebab itu, dampak dari  penggunaan jalan yang melebihi kapasitas muatan, mengakibatkan kerusakan jalan.

Hal ini sekaligus mengajak kepada masyarakat untuk mengawasi pemakaian jalan. Kemudian  pimpinan kita Kepala BPJN Sulut Hendro Satrio Muhammad Kamaludin, ST., MT, sebagai regional rod manager kerap berada di lokasi pembangunan dan Preservasi jalan." Jelas  Kepala Sub Bagian Umum dan Tata Usaha (KTU) BPJN Sulut Jenry Wongkar menutup perbincangan dengan wartawan media online ini.


Di tempat terpisah Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah 1 Provinsi Sulawesi Utara melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.1, Ichwan Ginanjar, ST., M.Sc  ketika di konfirmasi wartawan  media online ini.

"Tentang pekerjaan preservasi Jalan Airmadidi - Tondano - Tomohon  dalam pesan WhatsApp rencananya satu bulan ini  akan ditambal lubang - lubang di badan jalan yang sudah mengganggu kenyamanan pengguna jalan." Jelas PPK Ichwan Ginanjar, ST., Msc.

Selanjutnya untuk ruas jalan Kawangkoan BTS Kabupaten Minahasa - Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan menjadi tanggung jawab dari PPK 1,2  Sulut Wahyu, ST, terpantau kondisi jalan mantap dan terpelihara, kemudian untuk ruas jalan Kema - Rumbia -Buyat menjadi tanggung jawab dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1,5 Sulut , Jemmy Dunda, ST, MT, pengamatan di lapangan seperti ruas jalan nasional yang berada di seputaran  Belang Kabupaten Minahasa Tenggara.jika intensitas curah hujan tinggi sering air dari drainase meluap ke badan jalan, terpantau di lapangan penyelenggara jalan langsung bergerak cepat untuk penanganan, pembersihan drainase. Sehingga manfaat dari  jalan tersebut dapat dinikmati oleh pengguna jalan dengan aman dan nyaman.
Johanis Kahingide. 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Published by : DutaBangsaNews.Com
Copyright © 2006. - All Rights Reserved
Media Online :
www.dutabangsanews.com